Sepekan Libur Nataru, ASDP Bakauheni Seberangkan 40.228 Kendaraan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sepekan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyeberangkan sebanyak 40.228 unit kendaraaan.

Hasan Lessy, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebut data produksi angkutan kendaraan tersebut dihitung sejak Senin (23/12) hingga Sabtu (28/12) melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Merak, Banten.

Berbagai jenis kendaraan menyeberang asal Pulau Sumatera tujuan Pulau Jawa meliputi sepeda motor, kendaran kecil,bus dan truk. Berdasarkan data rata rata kendaraan menyeberang perhari mencapai 6.700 unit menggunakan kapal roll on roll off (Roro). Lonjakan arus kendaraan sepekan terjadi pada malam Natal,Selasa (24/12) dengan jumlah kendaraan menyeberang 9.635 unit.

Hasan Lessy (kanan) General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni saat ditemui Cendana News di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu malam (28/12/2019). -Foto: Henk Widi

Berbagai jenis kendaraan asal pulau Sumatera disebutnya melintas melalui tiga jalur jalan. Sebab pelabuhan Bakauheni tersambung melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) dan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Lampung. Meski sempat terjadi antrian di loket pembelian tiket kendaraan selama arus libur Nataru, jumlah loket kendaraan 29 unit mampu mengurai kemacetan.

“Rekayasa lalu lintas pada pintu masuk Pelabuhan Bakauheni telah dikondisikan agar tidak terjadi crossing atau pertemuan antara pengendara dari jalan lintas dan jalan tol karena diarahkan langsung ke loket kendaraan,” ungkap Hasan Lessy saat dikonfirmasi di Bakauheni, Sabtu malam (28/12/2019).

Mengoperasikan rata rata sebanyak 30 hingga 34 kapal roll on roll off (Roro) kendaraan diseberangkan melalui satu dermaga eksekutif dan lima dermaga reguler. Selama sepekan produksi angkutan tercatat perjalanan kapal (trip) mencapai 629 trip. Rata rata trip perhari kapal menyeberang dari Bakauheni ke Merak tercatat 104 hingga 108 trip.

Selain kendaraan, sebanyak 208.664 penumpang asal Sumatera diseberangkan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni. Penumpang yang diseberangkan tersebut meliputi penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan. Penumpang pejalan kaki disebutnya dilayani pada tiga dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif.

Antrean kendaraan truk, bus dan kendaraan pribadi yang akan menyeberang dari dermaga dua Pelabuhan Bakauheni,Lampung Selatan menuju pelabuhan Merak, Sabtu malam (28/12/2019). -Foto: Henk Widi

“Pilihan naik kapal ke dermaga eksekurif maupun reguler bisa memakai pembelian langsung dan melalui pemesanan online,” ungkap Hasan Lessy.

Ia menyebut arus balik libur Nataru diprediksi akan melonjak pada Selasa (31/12) dan Sabtu (4/1/2020) mendatang. Mengantisipasi lonjakan arus balik kendaraan, penumpang penyiagaan loket kendaraan telah dilakukan. Ia juga memastikan area parkir di dalam pelabuhan mampu menampung sebanyak 6.160 unit kendaraan berbagai jenis.

Mengantisipasi musim hujan yang mulai turun di akhir tahun, sejumlah tenda disiagakan pada area pembelian tiket kendaraan roda dua. Area loket pembelian tiket roda dua menurutnya disiagakan pada dermaga eksekutif dan dermaga reguler. Bagi pejalan kaki yang akan naik ke kapal eksekutif disediakan shuttle bus mengantar penumpang ke dermaga eksekutif.

Lihat juga...