Shin Tae-yong Akan Dikontrak PSSI Selama Tiga Tahun

Arsip - Shin Tae-yong saat masih bertugas sebagai pelatih kepala tim nasional Korea Selatan dalam Piala Dunia 2018 di Rusia. (ANTARA/AFP)

JAKARTA — Shin Tae-yong dikabarkan akan diikat kontrak oleh PSSI selama tiga tahun untuk menjadi manajer sekaligus pelatih timnas Indonesia.

Sejumlah media Korea Selatan menyebutkan bahwa Tae-yong akan bertanggung jawab mempersiapkan timnas Indonesia senior, U-20 dan U-23, terutama untuk menghadapi FIFA World Cup 2021 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Tae-yong mengatakan bahwa prioritasnya nanti akan kepada timnas untuk Piala Dunia U-20, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 2021 mendatang.

“PSSI ingin saya untuk fokus kepada tim Piala Dunia U-20 karena mereka akan menjadi tuan rumah kejuraan tersebut,” ujar Tae-yong dikutip dari The Korean Times.

Tae-yong menyatakan bahwa sebelumnya PSSI menawarkan kontrak berdurasi tiga tahun plus tambahan dua tahun, namun ia meminta PSSI untuk memikirkan tawaran mereka.

“Saya bilang bahwa kita harus bekerja keras selama tiga tahun, lalu setelah itu kita akan lihat apa yang terjadi selanjutnya,” katanya.

Empat asisten pelatih Korea juga akan turut bergabung untuk membantu Shin menangani timnas Indonesia.

Sebelum memutuskan pergi ke Indonesia, Shin sebetulnya telah menerima tawaran untuk melatih sejumlah klub sepakbola di Jepang dan China. Namun ia menyatakan bahwa ia lebih memilih Indonesia dengan alasan ingin meningkatkan kualitas para pemain Indonesia.

“Bekerja sebagai pelatih klub sepakbola di China atau Jepang akan menjadi pilihan yang bagus daripada di Indonesia jika saya berpikiran untuk kepentingan saya pribadi,” katanya.

“Namun saya lebih memilih bekerja untuk timnas Indonesia karena saya berpengalaman sebagai peltih timnas juga, jadi saya punya keahlian di situ. Saya pikir itu juga akan lebih berharga jika saya bisa membagikan pengalaman saya kepada timnas Indonesia meskipun performa mereka sebenarnya jauh jika dibandingkan dengan pemain Korea,” katanya menambahkan.

Tae-yong telah terbang ke Indonesia dari Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan Kamis pagi waktu setempat. Ia tiba di Jakarta pada sore hari dan akan menandatangi kontraknya pada Sabtu (28/12). (Ant)

Lihat juga...