Sidak Lapas Gunung Sindur, Ditemukan Ponsel dan Pisau

Sejumlah barang terlarang yang ditemukan di area Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/12/2019) – Foto Ant

GUNUNGSINDUR – Petugas gabungan yang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/12/2019) malam.

Barang yang berhasil diamankan seperti, telepon seluler (ponsel) hingga pisau.  “Petugas gabungan dari Polres Bogor, Kodim 0621/Kabupaten Bogor, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor menemukan sembilan ponsel, satu pisau, baterai, paku, dan handsfree,” ujar Kalapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana, usai melakukan sidak.

Dari temuan tersebut, Lapas akan mengenakan sanksi kepada masing-masing pemilik barang terlarang. Sanksi tersebut antara lain, masuk dalam daftar register F atau tidak mendapatkan remisi hingga menempati sel isolasi. “Mereka akan masuk register F, sudah kami pastikan kami akan Isolasi. Isolasinya bisa satu minggu bisa satu bulan,” katanya.

Meski sidak tidak menemukan narkotika, tapi sembilan ponsel yang diamankan itu akan diperiksa kaitan perbincangan pemiliknya. Utamanya, untuk memastikan tidak adanya perbincangan mengenai bisnis narkoba atau sejenisnya. “Sebagian besar ponsel ini untuk menghubungi keluarganya, tapi perlu saya sampaikan pihak lapas sudah memberikan fasilitas wartel untuk mereka,” kata Sopiana.

Mengenai barang bukti pisau, petugas belum mendapat keterangan dari pemilik. Pisau tersebut ditemukan di dalam kardus bersama dengan sebuah ponsel. Namun, saat itu kardusnya tidak sedang berada di tangan narapidana. “Ke depan, kami akan memperketat barang masuk dari para pengunjung termasuk petugas. Kami akan memperketat pemeriksaan pengunjung, petugas, dan barang-barang yang masuk,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...