Sosialisasi Pemilu di Sekolah Tingkatkan Partisipan Pemula

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Dalam waktu dekat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan akan menggelar sosialisasi pemilu ke sejumlah sekolah menengah atas dan kejuruan di Balikpapan. Sedikitnya, akan ada 20 sekolah yang menjadi sasaran untuk diberikan pemahaman mengenai pemilu, menyusul tak lama lagi akan berlangsung pemilihan kepala daerah di kota bertajuk Madinatul Iman, ini. 

“Ada sekitar 20 SMA maupun SMK kita datangi secara bergiliran untuk melakukan sosialisasi, harapannya dapat berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2020 nanti,” kata Komisioner KPU Balikpapan, Syahrul Karim, Senin (2/11/2019).

Menurutnya, sosialisasi dilakukan bukan hanya untuk memberikan pemahaman mengenai pemilu, namun juga meningkatkan angka partisipasi pemilih pemula.

“Kalau dari data yang kami miliki, ada sekitar 25 ribu siswa SMA dan SMK yang saat ini duduk di kelas 3 dan memiliki hak untuk memilih, karena mereka sudah cukup umur,” jelasnya.

Syahrul mengatakan, dalam sosialisasi nanti para siswa akan diberikan materi tentang demokrasi dan untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang ada di media sosial.

Selain itu, KPU Balikpapan juga meluncurkan aplikasi info pemilu sebagai sarana informasi tahapan dan pelaksanaan Pilkada di Balikpapan.

“Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah memeriksa lokasi TPS pemilih dengan menggunakan basis data Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian dilengkapi dengan peta TPS, yang akan menunjukkan lokasi TPS pemilih yang bersangkutan,” pungkasnya.

Lihat juga...