Soto Ayam Ajibarang Dilengkapi Telur dan Ati Ampela

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Kabupaten Banyumas kaya akan beragam jenis makanan soto. Ciri khas utama dari semua jenis soto selalu dilengkapi dengan sambal kacang, yang membuat kuah soto menjadi gurih dan nikmat.

Salah satu soto legendaris yang ada di kabupaten ini adalah Soto Ayam Ajibarang. Terletak di Jalan Raya Ajibarang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dan tepat di depan sebuah bank pemerintah, soto ini lebih dikenal dengan nama bank tersebut.

Kata legendaris pantas untuk menggambarkan Soto Ayam Ajibarang ini, sebab keberadaan soto ini sudah puluhan tahun. Tak hanya itu, bangunan warung soto ini juga merupakan bangunan tua yang tetap dipertahankan sampai saat ini.

Kekhasan dari Soto Ayam Ajibarang ini adalah hidangan soto dilengkapi dengan telur dan ati ampela ayam, dan tentu saja dengan daging ayam kampung. Meskipun, begitu porsinya pas di perut, karena bahan soto lainnya seperti tauge, mie bihun dan kerupuk tidak terlalu banyak.

Ibu Nur sedang menyiapkan hidangan Soto Ayam Ajibarang untuk pelanggannya, Sabtu (21/12/2019). -Foto: Hermiana E. Effendi

Untuk menambah cita rasa soto, tempat ini menyediakan dua jenis sambal, yaitu sambal kacang yang kental dan gurih serta sambal cabai biasa, jika kurang pedas bisa ditambahkan.

“Saya kalau lewat di Ajibarang pasti menyempatkan mampir di sini, karena letaknya cukup jauh di sebelah barat Kota Purwokerto, sehingga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan kalau lewat sini, pasti mampir di Soto Ayam Ajibarang,” kata salah satu pelanggan, Deddy, yang mengaku sudah sejak kecil sering diajak ayahnya makan di tempat tersebut, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Deddy, soto ayam di tempat tersebut mempunyai rasa yang khas dan kualitas rasanya tetap dipertahankan dari tahun ke tahun. Bahkan sampai dengan ketupat yang disajikan, juga dimasak sendiri dengan pilihan kualitas beras yang bagus.

“Jadi kalau soto ayam, ya di Ajibarang yang enak, cita rasanya terjaga dan tidak mengandung lemak terlalu banyak, beda dengan soto daging,: tuturnya.

Salah satu pelayan di warung soto tersebut, Ibu Nur, mengaku sudah bekerja selama lima tahun lebih di warung soto tersebut. Menurutnya, pemilik warung soto merupakan warga keturunan, dan warung soto ini memang turun-temurun dari kakek buyutnya.

“Warung soto ini sudah lama sekali, sejak saya masih kecil sudah ada dan terkenal di Ajibarang,” katanya.

Selain tetap mempertahankan cita rasanya, warung Soto Ayam Ajibarang ini, menurut Ibu Nur juga tidak membuka cabang. Jam operasional warung soto juga tetap dibatasi, yaitu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Lihat juga...