Sumbar Miliki Beragam Objek Wisata Alam dan Ikonis

Editor: Koko Triarko

PADANG – Liburan akhir tahun telah tiba, berbagai tempat di Nusantara ini menjadi target para wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk menikmati liburan akhir tahun. Tak kecuali, di Provinsi Sumatra Barat, yang terkenal dengan keindahan alam dan kelezatan kulinernya, serta keunikan kebudayaannya.

Menikmati liburan akhir tahun ke Sumatra Barat dapat dikatakan pilihan yang tepat. Karena dengan keasrian alam di Minangkabau ini, akan mampu membuat setiap pengunjung yang datang merasakan kenyamanan dan kesegaran udaranya. Terlebih di daerah ketinggian seperti di Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok, Agam, Padangpanjang, memiliki udara yang begitu sejuk.

Pada momen liburan akhir tahun ini, jangan hanya mencari soal berwisata di alam saja, tapi perlu juga mencari adanya sajian kuliner yang menggiurkan. Ada ada lima tempat wisata kuliner yang menarik di provinsi ini.

Wisata Pantai Padang

Kawasan Pantai Padang yang menghadapi ke Laut Samudra ini menyimpan banyak pesona. Apalagi, Pemerintah Kota Padang telah melakukan sejumlah pembangunan pedestrian, membuat kawasan Pantai Padang makin menarik untuk didatangi.

Waktu senja di Pantai Padang, Sumatra Barat, Rabu (25/12/2019)/ Foto: M. Noli Hendra

Di Pantai Padang ini banyak hal yang bisa dilakukan, tidak hanya sekadar bermain pantai. Tapi, bagi yang membawa anak-anak juga bisa mengarahkan untuk bermain mobil-mobilan, sepatu roda, dan bermain layang-layang pantai.

Wisata yang satu ini memang terbilang populer di ibu kota Provinsi Sumatra Barat. Terlebih di perayaan pergantian tahun, kawasan wisata Pantai Padang merupakan pusat keramaian seluruh masyarakat melihat kembang api perayaan pergantian tahun.

Meski ada imbuan dari Pemko Padang kepada masyarakat untuk tidak ikut merayakan pergantian tahun, tapi di kawasan wisata Pantai Padang masih saja dipadati oleh masyarakat maupun wisatawan Nusantara.

“Ya, kita dari pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat Kota Padang agar tidak merayakan pergantian tahun nanti. Tapi yang namanya wisatawan tidak bisa kita larang, karena itu haknya wisatawan,” katanya, saat meninjau pembangunan pedestrian di Pantai Padang, Minggu (29/12/2019).

Wisata Mandeh

Keberadaan wisata Mandeh yang berada d Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ini terbilang menjadi tempat liburan akhir tahun yang baru untuk wisata di Sumatra Barat. Karena akses jalannya baru selesai tahun ini, apalagi pemandangan yang begitu manakjubkan di kawasan wisata Mandeh, membuat wisatawan bakal betal berada di Mandeh.

Berbicara keindahan pemandangan, tidak diragukan lagi saat berada di wisata Mandeh. Ada hal yang menakjubkan yang bisa ditemui di Mandeh, yakni snorkeling (menyelam). Di kawasan wisata Mandeh ini, memiliki ikan yang sungguh indah. Ada berbagai jenis ikan, biota laut, dan ada spot kapal Belanda yang karam bisa dinikmati saat melakukan snorkeling.

Setidaknya ada delapan titik yang dapat diselami di kawasan wisata Mandeh. Salah satu yang paling favorit adalah bangkai kapal bulungan yang tenggelam pada 1942. Kapal tersebut berada di kedalaman 27 meter dengan panjang 70 meter dan tinggi 17 meter. Di titik tersebut, para penyelam dapat menikmati eksotisme bangkai kapal disertai beragam jenis ikan yang berlalu-lalang.

Selain di lokasi tersebut, ada tujuh titik lainnya yang bisa diselami penyelam. Yakni, Pulau Seronjong Kecil, Seronjong Besar, Pulau Cubadak, Pulau Pagang, Pulau Ular, Pulau Mara dan Pulau Nyamuk.

Wisata Jam Gadang Bukittinggi

Wisata ini sudah tidak asing lagi. Di kota wisata Jam Gadang, Bukittinggi, ini benar-benar tidak habisnya untuk dikunjungi. Banyak hal yang dapat dilakukan di kawasan Jam Gadang, berfoto-foto, menikmati kuliner, dan berbelanja oleh-oleh.

Jam Gadang memang tempat yang tidak pernah habisnya dan tidak pernah bosan untuk didatangi. Seperti yang dikatakan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya, sehingga dinamakan Jam Gadang.

Jam Gadang yang berdiri megah di jantung Kota Bukittinggi, kini kawasan Jam Gadang telah dilakukan perbaikan pedestrian untuk menambah keindahan sebagai kota wisata di Sumatra Barat, Kamis (26/12/2019)/ Foto: M. Noli Hendra

Selain sebagai pusat penanda Kota Bukittinggi, Jam Gadang juga telah dijadikan sebagai objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat, baik pada hari kerja maupun pada hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara jam ini.

Setiap ada kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat, tujuan utama adalah Kota Bukittingi yakni ke Jam Gadang. Apalagi, di momen liburan akhir tahun, Bukittinggi bakal dipadati oleh pengunjung, dan bahkan seluruh hotel penuh dihuni oleh wisatawan yang datang.

Wisata Danau Kembar

Berada di timur Sumatra Barar, ada tempat yang begitu indah dan sejuk untuk didatangi, yakni Danau Kembar. Meskipun dikenal dengan Danau Kembar, Danau Diateh dan Danau Dibahwa itu tidaklah merupakan danau yang memiliki kemiripian dari segi bentuk. Selain itu, meskipun akrab disebut sebagai Danau Diatas dan Danau Dibawah, tetapi penamaan tersebut justru berbanding terbalik dengan kenyataannya. Danau yang posisinya lebih tinggi justru dinamakan Danau Dibawah, sedangkan danau yang lebih rendah dinamakan Danau Diatas.

Meski dikatakan kembar, namun kedua danau ini memiliki perbedaan yang kontras, jika Danau Diatas merupakan hulu dari Sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatra dan bermuara di Selat Malaka, Danau Dibawah yang hingga saat ini belum diketahui secara pasti ke mana air dari Danau Dibawah dialirkan karena tidak ditemui sungai yang berhulu di danau ini.

Perbedaan lainnya adalah tentang kedalaman kedua danau ini. Danau Diatas merupakan sebuah danau yang masuk kategori dangkal, titik terdalam danau ini hanya 44 meter, beda halnya dengan Danau Dibawah yang titik terdalamnya berada di 884 meter dari muka air, sebuah kedalaman yang terbilang menyeramkan untuk sebuah danau, bahkan masyarakat sekitar pun tidak berani membawa perahu hingga ke tengah danau.

Tapi di antara kedua danau ini, yang paling ramai dikunjungi wisatawan itu ialah Danau Diatas. Hal ini karena posisi danau berada dekat dari posisi jalan utama nasional, yang menghubungkan Sumatra Barat – Jambi. Selain itu di kawasan Danau Diateh juga terdapat vila yang dapat ditempati untuk menikmati dinginnya Alahan Panjang ini.

Wisata Lembah Harau

Terletak di antara lembah, tepatnya di Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan salah satu lembah terindah yang dimiliki Indonesia. Kini kawasan wisata Lembaha Harau tampil dengan wajah baru, yakni adanya tempat-tempat yang menarik untuk berswafoto.

Potensi alam yang cantik luar biasa di Lembah Harau ini dioptimalkan dengan dibangunnya kawasan wisata kekinian. Salah satunya, Kampung Sarosah. Setiap pengunjung dipastikan tidak akan merasa bosan selama berada di sini. Pemandangan dari alam yang cantiknya masih sangat asri, seperti tebing-tebing menjulang tinggi sungguh menyegarkan mata.

Kampung Sarosah dibuat memang untuk menyenangkan para pengunjung. Tidak heran, jika pengelola melengkapi tempat wisata ini dengan banyak wahana. Seperti Zip Line Bike atau Sepeda Terbang, Balon Terbang, berkeliling kolam dengan sampan kecil, dan kampung ala-ala Eropa yang instagenic.

Lihat juga...