Terminal Madiun: Puncak Penumpang Turun Hingga 15.613 Orang

MADIUN — Pihak pengelola Terminal Purboyo Kota Madiun, Jawa Timur mencatat jumlah puncak penumpang yang turun di terminal bus setempat menjelang libur Natal tahun 2019 terpantau mencapai 15.613 orang.

“Sejak memasuki libur Natal, jumlah paling tinggi terjadi pada Senin (23/12). Dimana jumlah penumpang bus yang turun di Terminal Purboyo mencapai 15.613 orang,” ujar Kepala Satuan Pelayanan Terminal Purboyo Kota Madiun Suyatno kepada wartawan di Madiun, Selasa.

Menurut dia, meningkatnya jumlah penumpang di Terminal Purboyo sudah terjadi sejak hari Minggu tanggal 22 Desember 2019.

Sementara, lanjut Suyatno, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Purboyo Madiun, tercatat mencapai lebih dari 7.000 orang.

“Jumlah tersebut juga meningkat dari kondisi normal. Dimana pada kondisi normal jumlah penumpang yang naik maupun turun di Terminal Madiun totalnya hanya mencapai 4.000-an orang,” kata dia.

Pihaknya menilai jumlah penumpang tersebut diperkirakan masih dapat terus bertambah dari pada hari biasa. Terlebih saat mendekati libur pergantian tahun 2020 mendatang yang bertepatan dengan libur sekolah.

Sementara, di lapangan, bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun angkutan kota antarprovinsi (AKAP) terpantau masuk dan ke luar dari Terminal Madiun dalam kondisi penuh penumpang.

Adapun jumlah kendaraan bus AKDP maupun AKAP yang masuk mencapai kisaran 800 hingga 900 unit bus setiap harinya sejak memasuki masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sedangkan dalam kondisi normal, jumlah armada bus yang masuk ke dan keluar dari Terminal Purboyo Kota Madiun mencapai 300-an unit.

Suyatno menambahkan selama masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berlangsung, pihaknya juga menyediakan layanan pos kesehatan dan obat-obatan secara gratis. Pos tersebut dapat dimanfaatkan bagi para penumpang yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

Selain itu, untuk pengamanan, pihak Terminal Purboyo Kota Madiun bekerjasama dengan Kepolisian Resor dan Kodim Madiun dengan menyediakan pos pengamanan di lokasi setempat. [Ant]

Lihat juga...