Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Malang Hadirkan ‘Cilin’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Pemerintah kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perpustakaan umum dan arsip daerah kota Malang terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat yang dinilai masih rendah.

Salah satu upayanya dengan menghadirkan aplikasi buku digital ‘Malang Cilin Digital Access’ berbasis android.

Disampaikan Walikota Malang, Sutiaji, minat baca masyarakat saat ini masih lemah. Literasi membaca mereka tinggi hanya ketika membaca pesan Whatshapp (WA), tapi ketika membaca buku pengayaan materi, minat baca mereka kembali rendah.

Walikota Malang, Sutiaji, menjelaskan terkait aplikasi ‘Malang Cilin Digital Access’ ketika menerima penghargaan pemecahan rekor MURI di alun-alun Tugu, Malang, Kamis (12/12/2019). Foto: Agus Nurchaliq

“Oleh karenanya kita kuatkan dengan aplikasi Malang Cilin agar masyarakat bisa langsung membaca melalui gawai, sehingga bisa semakin meningkatkan minat baca di kota Malang,” ujarnya usai mendapatkan penghargaan pemecahan rekor MURI di alun-alun Tugu, Kamis (12/12/2019). Cilin sendiri merupakan singkatan dari City Liberary Information.

Menurutnya, memasuki era revolusi industri 4.0 masyarakat perlu digerakkan untuk membaca buku melalui gawai. Tujuannya agar mereka bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih mudah.

Launching aplikasi ini sengaja dibarengkan dengan pemecahan rekor Muri agar masyarakat mengetahui bahwa kota Malang memiliki aplikasi Malang Cilin sehingga harapannya mereka bisa langsung mengunduh melalui playstore,” terangnya.

Untuk saat ini aplikasi Malang Cilin baru bisa diakses dengan menggunakan handphone Android saja, sedang untuk handphone Apple belum bisa. Semoga ke depan ada penyempurnaan lagi agar semua jenis hp bisa menggunakan aplikasi Malang Cilin.

“Masyarakat umum bisa mengakses aplikasi ini secara gratis dan bisa membaca buku apa saja yang telah menjadi koleksi Malang Cilin,” sebutnya.

Lebih lanjut, kepala Dinas perpustakaan umum dan arsip daerah kota Malang, Suwarjana SE, MM, mengatakan, dari sekitar 14 ribu buku yang menjadi koleksi perpustakaan kota Malang, baru 2.132 judul buku dalam bentuk PDF yang sudah dimasukkan ke dalam aplikasi Malang Cilin.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana SE, MM usai menghadiri pemecahan rekor MURI di alun-alun Tugu, Malang, Kamis (12/12/2019). Foto: Agus Nurchaliq

“Malang Cilin baru memiliki sebanyak 2.132 judul buku yang bisa diakses masyarakat. Tapi nanti ke depannya akan kami kembangkan semua buku yang sudah PDF, karena memang saat ini belum semua buku ada PDF-nya,” terangnya.

Menurutnya dengan adanya Malang Cilin akan memudahkan peminjaman buku. “Biasanya buku yang tersedia di perpustakaan hanya tiga buku tapi yang mau pinjam banyak jadi kami kesulitan. Tapi dengan kita digitalkan, berapa pun yang mau pinjam bisa diakses,” pungkasnya.

Lihat juga...