TNI-POLRI Bersama Warga Hijaukan Pantai Belebuk

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Ratusan pohon buah ditanam di objek wisata pantai Belebuk, Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), sebagai upaya menjaga kelestarian alam. Sekaligus mencegah ancaman abrasi dan tanah longsor di musim penghujan ini.

Danramil 421-03/Penengahan, Kapten Inf. Ujang Haerudin, menyebut, berbagai jenis pohon buah yang ditanam meliputi pala dan sirsak, merupakan salah satu upaya penghijauan untuk mencegah tanah longsor dan abrasi.

“Penanaman pohon melibatkan unsur Polsek Penengahan, masyarakat Desa Totoharjo, Persit Kartika Chandra Kirana dan Pramuka ambalan SMA Kebangsaan. Penanaman bibit pohon dilakukan jelang musim penghujan ini,” kata Danramil, di pantai Belebuk, Jumat (13/12/2019).

Ia berharap kepada masyarakat di sekitar wilayah yang ditanami pohon bisa menjaga kelestarian lingkungan. Juga inisiasi penanaman oleh Koramil Penengahan sebagai upaya penghijauan bisa dilanjutkan. Penghijauan di kawasan pantai, menurutnya akan menambah keindahan pantai, sekaligus menambah daya tarik.

“Berbagai tanaman untuk penghijauan, agar dijaga serta selanjutnya bisa ditambah untuk melestarikan lingkungan pesisir dengan tanaman mangrove dan vegetasi yang cocok untuk menahan abrasi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan penghijauan digelar serentak di wilayah teritorial Kodim 421 Lamsel. Selain penghijauan, rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Juang TNI AD 2019 juga digelar berbagai kegiatan bakti sosial. Di antaranya donor darah, bedah rumah, pemeriksaan kesehatan gratis dan sunatan massal.

Sementara itu pelibatan unsur kepolisian, Persit Kartika Chandra Kirana, menurutnya dilakukan agar semua pihak peduli pada penghijauan. Selain dipusatkan di kawasan pantai, ia berharap masyarakat bisa melakukan penanaman pohon di kawasan lainnya. Musim penghujan yang mulai tiba di wilayah tersebut, bisa dijadikan awal masa tanam sejumlah pohon.

Kepala Desa Totoharjo, Ahmad Bukhori, menyebut penghijauan terus dilakukan di lingkungan pantai Belebuk. Sebab, kawasan Totoharjo yang memiliki pesisir pantai pernah mengalami terjangan tsunami pada 22 Desember 2018 silam. Hampir setahun bencana alam akibat amblasnya Gunung Anak Krakatau, berimbas tsunami ikut merusak kawasan pantai di desa yang dipimpinnya.

“Sejumlah titik sudah kembali pulih dengan adanya penanaman pohon dan penghijauan oleh Koramil serta unsur terkait, sangat membantu kelestarian lingkungan,” beber Imam Bukhori.

Lingkungan pantai Belebuk yang asri dengan berbagai tanaman penghijauan, menurutnya menjadi daya tarik wisatawan. Sejumlah tanaman vegetasi pantai yang masih lestari di antaranya pohon ketapang, mangrove dan sejumlah tanaman endemik pantai. Keberadaan pohon sekaligus sebagai peneduh bagi pengunjung.

Lihat juga...