Tundukkan Bournemouth 2-0, Brighton Hentikan Rentetan Kekalahan

JAKARTA — Brighton & Hove Albion menutup 2019 dengan menghentikan rentetan kekalahan yang diderita pada dua pertandingan sebelumnya setelah menundukkan tamunya Bournemouth 2-0 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu, yang sekaligus jadi kemenangan pertama mereka dalam lima pertandingan terakhir.

Alireza Jahanbakshs mencetak gol debutnya untuk Brighton sebelum Aaron Mooy melengkapi kemenangan tuan rumah, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tiga poin tambahan membuat Brighton untuk sementara naik ke posisi ke-13 dengan koleksi 23 poin, sedangkan Bournemouth (20) tertahan pada urutan ke-16 dan terancam terperosok ke zona degradasi jika West Ham United (19) dan Aston Villa (18) memenangi laga masing-masing.

Brighton menggebrak sejak awal laga dan cuma butuh tiga menit untuk membuka keunggulan melalui Jahanbakhsh yang menyelesaikan sodoran Neal Maupay di dalam kotak penalti.

Gol itu menjadi torehan pertama legiun Iran ini untuk Brighton sejak bergabung pada 2018 dan Jahanbakhsh merayakannya dengan sangat emosional bahkan menitikkan air mata.

Bournemouth berusaha membalas tetapi peluang dari tembakan melengkung Joshua King dihalau sempurna oleh kiper Mathew Ryan.

Pertandingan berlangsung terbuka dan kedua tim saling serang, tetapi hingga babak pertama usai tak ada gol tambahan.

Pada menit ke-58, Daniel Burn melakukan selebrasi usai menyarangkan bola ke gawang tim tamu memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Bournemouth, tetapi gol itu dianulir setelah VAR menyatakan bek kiri Brighton itu offside.

Enam menit kemudian, Yves Bissouma melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti dan Brighton hampir menggandakan keunggulan jika saja tembakannya tak membentur tiang gawang.

Para pemain Brighton terlihat marah ketika wasit dan VAR memutuskan mengabaikan insiden bola yang mengenai tangan bek Jack Stacey di dalam kotak penalti tim tamu pada menit ke-76.

Namun tiga menit kemudian amarah itu mendapat balasan setimpal saat Mooy menggandakan keunggulan Brighton lewat sebuah gol cantik.

Mooy mengendalikan bola umpan kiriman Leandro Trossard dengan dadanya sebelum bergerak melewati Chris Mepham dan melepaskan penyelesaian melengkung ke sudut tiang jauh untuk menaklukkan kiper Aaron Ramsdale.

Brighton pun memastikan menutup 2019 dengan tambahan tiga poin.

Baik Brighton maupun Bournemouth cuma mempunyai waktu tiga hari beristirahat karena pada Rabu (1/1) tepat pada awal tahun 2020 mereka kembali tampil untuk laga pekan ke-21. Brighton menjamu Chelsea, sedangkan Bournemouth melawat ke West Ham.

Susunan pemain:
Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Mathew Ryan; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Daniel Burn; Davy Proepper, Yves Bissouma (Glenn Murray); Alireza Jahanbakhsh (Steve Alzate), Aaron Mooy (Dale Stephens), Lenadro Trossard; Neal Maupay
Pelatih: Graham Potter

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Jack Stacey, Steve Cook, Chris Mepham, Diego Rico; Harry Wilson (Ryan Fraser), Dan Gosling, Philip Billing, Junior Stanislas (Callum Wilson); Dominic Solanke, Joshua King (Lewis Cook)
Pelatih: Eddie Howe (Ant)

Lihat juga...