Tundukkan Burnley 1-0, Ancelotti Menangi Debut Everton

JAKARTA — Carlo Ancelotti memenangi debutnya sebagai manajer Everton dengan menundukkan tamunya Burnley 1-0 dalam laga Boxing Day Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Kamis.

Dominic Calvert-Lewin menjadi penentu kemenangan Everton yang tampil amat dominan dengan catatan 67 persen penguasaan bola.

Dominasi itu berusaha dikonversi Everton menjadi 21 percobaan tembakan tetapi hanya lima yang menemui sasaran, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Burnley tidak memberi perlawanan yang begitu berarti, bahkan sepanjang pertandingan tim besutan Sean Dyche itu tak satu kali pun menemui sasaran dari enam percobaan.

Laga baru berjalan delapan menit dan Everton segera memperoleh kesempatan unggul dari kemelut di depan gawang, tetapi kiper Nick Pope malakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tembakan jarak dekat Mason Holgate.

Pada menit ke-23, Gylfi Sigurdsson mengirimkan tendangan bebas yang disambut oleh Calvert-Lewin tetapi tandukannya tidak menemui sasaran.

Peluang Everton kembali lahir pada menit ke-35 ketika Bernard menyodorkan umpan untuk diselesaikan oleh Djibril Sidibe, tetapi Pope kembali melakukan penyelamatan yang kali ini dengan kakinya.

Sebaliknya Burnley memperoleh peluang pada menit ke-38 ketika tendangan bebas Ashley Westwood yang disambut Chris Wood gagal menemui sasaran.

Setelah turun minum Everton tak mengurangi intensitas serangan dan pada menit ke-76 tendangan bebas Sigurdsson berhasil diarahkan Yerry Mina tepat sasaran, tetapi lagi-lagi Pope melakukan penyelamatan.

Kerja keras Everton akhirnya membuahkan hasil empat menit kemudian ketika Calvert-Lewin melakukan sundulan meluncur untuk menyambut umpan silang Sigurdsson dan membawa tuan rumah unggul 1-0.

Keunggulan itu membuat Everton lebih tenang mengendalikan bola dalam sisa waktu pertandingan untuk menjaga keunggulan hingga peluit tanda laga sai berbunyi yang memastikan kemenangan untuk laga perdana The Toffees di bawah kepelatihan Ancelotti.

Ancelotti berharap awal positifnya di Everton bakal berlanjut dua hari ke depan ketika bertandang ke Newcastle United pada Sabtu (28/12), sedangkan Burnley menjamu Manchester United di kandangnya sendiri.

Susunan pemain:

Everton (4-4-2): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Yerry Mina, Mason Holgate, Lucas Digne; Djibril Sidibe (Theo Walcott), Gylfi Sigurdsson, Fabian Delph, Bernard (Moise Kean); Dominic Calvert-Lewin, Richarlison (Tom Davies)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phillip Bardsley, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Robbie Brady (Johann Gudmundsson), Jack Cork (Kevin Long), Ashley Westwood, Dwight McNeil; Jay Rodriguez, Chris Wood (Ashley Barnes)
Pelatih: Sean Dyche (Ant)

Lihat juga...