Tupat Tahu Siram Khas Betawi Nendang di Lidah

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Tupat tahu khas Betawi merupakan salah satu kudapan nusantara yang memiliki beragam jenis nama di setiap daerah. Selain ketoprak makanan khas Betawi, ada tupat tahu.

Bang Menyan, penjual tupat tahu khas Betawi. Dia mengaku melanjutkan usaha yang dirintis orangtuanya sejak tahun 1975. Ia berjualan di Jalan Parpostel berbatasan dengan Gunungputri Kabupaten Bogor, Sabtu (21/12/2019). -Foto: M. Amin

Sekilas kudapan khas Betawi Bang Menyan tersebut, memiliki kemiripan dengan ketoprak tetapi untuk menu tambahan lebih condong ke nasi uduk khas Betawi dikenal menggunakan semur jengkol dan telur bulat dipadu dengan sambal kacang.

“Ini tupat tahu, memang mirip dengan Ketoprak. Tapi kalo ketoprak menggunakan tauge, bihun atau timun mentah. Tupat tahu hanya ketupat dan tahu dikasih bumbu kacang tanah mirip bumbu pecel ,”kata Bang Menyan, yang mangkal di Jalan Parpostel arah Villa Nusa Indah Kabupaten Bogor, Sabtu (21/12/2019).

Bang Menyan, mengaku berjualan tupat tahu, meneruskan usaha orangtuanya. Dulu dia mangkal di sekitar Jatiasih, setahun belakangan ini baru pindah ke wilayah Parpostel berdekatan dengan Kota Cinema.

Menurutnya untuk menu tambahan tupat tahu, lebih mirip dengan nasi uduk khas Betawi menggunakan semur jengkol, bawang goreng dan kerupuk. Pembedanya hanya pada tupas dan tambah bumbu kacang.

“Kalo nasi uduk khas Betawi menu tambahan ada menggunakan sambal kacang atau sambal biasa. Mungkin itu saja yang membedakan antara tupat dan nasi uduk,” jelasnya.

Menu tambahan seperti semur jengkol dan telor untuk tupat tahu, Sabtu (21/12/2019). -Foto: M. Amin

Dia mengaku berjualan tupat tahu, melanjutkan usaha orangtua yang telah dibangun sejak tahun 1975 di sekitar Bekasi. Untuk jualan tupat tahu saat ini sudah jarang di Kota Bekasi. Hanya ada di pinggiran kota saja.

“Setiap hari saya buka ba’da waktu Ashar. Alhamdulillah peminatnya cukup lumayan setiap jualan bisa ludes 120 tupat,” paparnya.

Penyajiannya cepat dan simpel sehingga pelanggan pesan bisa langsung dibuatkan. Dan tahu yang sudah disiapkan langsung ditiris bersama ketupat kemudian dibubuhi bumbu kacang dan sambal. Harganya pun relatif murah dan bisa mengenyangkan .

“Harga tupat tahu pakai jengkol hanya Rp12 ribu. Sementara ditambah semur telor maka harganya Rp15 ribu. Tupat tahu Bang Menyan juga menerima orderan,” pungkasnya.

Lihat juga...