Usung Konsep Kekinian, Kedai ‘KPK’ di Bekasi Patut Dicoba

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Minuman kekinian dengan gula aren yang dicampur kopi dan topping produk minuman susu, cukup digandrungi kawula muda saat ini di Kota Bekasi Jawa Barat.

Mengusung konsep kekinian dengan beragam varian menu kopi nusantara kini hadir di komplek ruko Plaza Bekasi Jalan Ir Juanda. Kopi Pasir Kekinian (KPK) begitu nama kopi dengan sistem gerobakan tersebut.

Selain minuman kekinian seperti kopi ice aren latte yang cukup digandrungi pencinta kopi di Bekasi juga menyediakan beragam jenis kopi nusantara lainnya dengan keunikan tersendiri.

“‘KPK’, baru dua mingguan hadir di Bekasi mengusung teknik ala Turki menggunakan alat ibrik sebagai tempat kopinya guna memberi nuansa berbeda dalam menikmati kopi,” ungkap Gabriel, Barista KPK ditemui Cendana News, Sabtu (28/12/2019).

Gabriel, barista KPK di Jl Juanda, ditemui Cendana News, Sabtu (28/12/2019). -Foto: M. Amin

Dikatakan teknik memanaskan kopi menggunakan media pasir adalah cara Turki. Tetapi KPK menggunakan kopi nusantara seperti Kopi Gayo, Aceh, kopi Lampung dan Kopi Toraja.

Untuk jenis original KPK tidak menggunakan teknik mesin. Melainkan kopi yang susah ditakar langsung dicampur ke dalam air panas dari dalam termos ke dalam alat ibrik (penghantar panas) kemudian di letakkan di atas pasir yang sudah dipanaskan sebelumnya.

“Pasir tersebut diletakkan ke dalam kuali khusus di atas kompor kemudian kopi dalam wadah atau alat bernama ibrik diletakkan dan digeser di atas pasir,” papar Gabriel.

Cara tersebut diyakininya mampu menghasilkan panas secara merata hingga mendidih dan berbusa membuat rasa kopi lebih keluar. Dia menyebut cocoknya teknik tersebut untuk kopi jenis Arabika seperti Gayo atau kopi Toraja.

Menurutnya ‘KPK’ hanya menggunakan teknik memasak kopi ala Turki. Tetapi untuk jenis kopi tentunya kopi nusantara yang banyak diminati sebagai menu andalan hot KPK Aceh Gayo. Meskipun jika ada yang minta kopi Turki juga tersedia.

“Kedai KPK, buka setiap pukul 13.00 WIB, hingga pukul 22.00 WIB. Untuk harga relatif terjangkau mulai dari Rp500 hingga Rp18 ribu,” ujar Gabriel.

Bagi penggemar kopi dan ingin tempat bersantai dengan suasana kedai dan menikmati kopi kekinian bisa mencoba ke KPK. Karena tempatnya nyaman di komplek pertokoan yang tidak jauh dari terminal Kota Bekasi.

Lihat juga...