Warga Banjarnegara Diminta Mewaspadai Potensi Hujan Lebat

Hujan, ilustrasi -Dok: CDN

PURWOKERTO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan lebat karena dikhawatirkan dapat memicu bencana tanah longsor.

“Kami kembali mengimbau agar warga mewaspadai potensi hujan lebat, terutama dalam durasi yang lama,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, Sabtu (30/11/2019).

Berdasarkan prakiraan BMKG, wilayah Banjarnegara berpeluang terjadi hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu (1/12/2019). “Menurut informasi BMKG Minggu (1/12/2019), Banjarnegara berpeluang hujan dengan intensitas tinggi di hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayah setempat,” tandasnya.

Potensi hujan meningkat pada siang hingga sore hari. “Karena itu, warga yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor perlu meningkatkan kewaspadaannya,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tengah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana saat musim hujan. Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan mengkoordinasikan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Kegiatannya dihadiri sejumlah instansi terkait.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto meminta, semua pihak untuk mewaspadai potensi ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan nantinya. “Waspadai ancaman bencana pada musim peralihan hingga puncak musim hujan, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...