Warga Kebumen Temukan Granat Nanas di Saluran Irigasi

Editor: Koko Triarko

KEBUMEN – Granat berbentuk menyerupai buah nanas atau biasa disebut granat nanas, kembali ditemukan di Kabupaten Kebumen. Kali ini, granat yang diduga masih aktif tersebut ditemukan di saluran irigasi oleh warga Desa Sumberadi, Kecamatan/Kabupaten Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, mengatakan, granat tersebut ditemukan oleh warga yang sedang melakukan kerja bakti membersihkan saluran irigasi.

Melihat ada benda yang bentuknya aneh dan tak lazim, warga kemudian mengangkatnya perlahan. Setelah dilihat lebih jelas dan dibersihkan dari gumpalan tanah, bentuk benda tersebut menyerupai granat.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, ditemui di markasnya, Sabtu (21/12/2019)-Foto: Hermiana E. Effendi

“Warga yang merasa khawatir kemudian melaporkan ke Polsek Kebumen pada Jumat (20/12/2019) malam, saat melapor warga tidak berani membawa benda tersebut dan dibiarkan teronggok di bawah pohon pisang,” kata Kapolres Kebumen, Sabtu (21/12/2019).

Setelah mendapat laporan dari warga, Kapolsek Kebumen, AKP Hari Harjanto, bersama beberapa anggota langsung menuju ke lokasi penemuan granat. Benda tersebut diamankan dan sekitar lokasi diberi police line untuk olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) lebih lanjut.

“Granat tersebut kemungkinan masih aktif dan pertama kali ditemukan oleh Miftahudin (45), warga Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, yang sedang melakukan kerja bakti. Kita langsung mengamankan granat nanas tersebut supaya tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Kapolsek AKP Hari Harjanto.

Lebih lanjut, Kapolres Rudy menjelaskan, penemuan granat nanas ini bukan kali ini saja di wilayah Kabupaten Kebumen. Sebelumnya pada Agustus lalu, juga ditemukan granat nanas di Desa Kuwayuh, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Granat tersebut ditemukan warga yang sedang mencari kayu bakar.

Polres Kebumen kemudian meminta bantuan pasukan Brimob dari Purwokerto untuk memusnahkan granat tersebut. Dan, saat dimusnahkan ternyata granat masih aktif dan menimbulkan ledakan.

“Untuk penemuan kali ini, kita juga akan meminta pasukan Brimob dari Purwokerto untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pemusnahan. Kemungkinan hari ini juga akan kita musnahkan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Kapolres Rudy.

Lihat juga...