Warga Paraman Ampalu Berharap Jembatan Putus Segera Dibangun

SIMPANG EMPAT – Masyarakat Paraman Ampalu, Kecamatan Gunung Tuleh, dan masyarakat Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, mengharapkan kepada Pemkab setempat agar jembatan yang putus segera dibangun kembali.

“Saat ini kami terpaksa menggunakan perahu karet dan perahu ponton menyeberangi Sungai Batang Air Haji,” kata salah seorang warga Sungai Aur, Anto, Minggu (8/12/2019).

Menurutnya, keberadaan jembatan gantung itu sangat penting bagi masyarakat Pariaman Ampalu dan Sungai Aur, karena merupakan jembatan penghubung antara kedua daerah itu. Jika menggunakan jalur darat, maka akan menempuh jalan yang cukup jauh memutar memakan waktu satu sampai dua jam.

“Apalagi bagi anak sekolah, sangat penting karena ada warga Sungai Aur yang bersekolah di Paraman Ampalu dan begitu sebaliknya,” katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat, Tri Wahluyo, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang terkait pembangunan jembatan itu.

“Informasi terakhir perhitungan teknisnya belum selesai. Jika sudah selesai, akan segera dibangun,” katanya.

Untuk memudahkan masyarakat, pihaknya memberikan bantuan perahu karet untuk menyeberangi sungai itu.

“Kita memberikan bantuan perahu karet bagi masyarakat yang ingin menyeberangi sungai itu, sampai ada solusi pembuatan jembatan kembali,” ujarnya.

Ia mengatakan, penggunaan perahu karet ini terpaksa dilakukan karena jembatan gantung di daerah itu putus diterjang banjir. Sementara perahu ponton darurat yang juga hanyut, pada Senin (2/11).

“Perahu karet saat ini hanya bisa digunakan untuk membawa pelajar dan masyarakat dengan kapasitas terbatas. Jika menggunakan jalan darat, terpaksa jalan memutar dengan jarak yang cukup jauh,” katanya.

Ia meminta masyarakat tetap waspada, baik saat berada di perahu karet atau melintas di daerah rawan banjir, karena intensitas hujan yang tinggi bisa menyebabkan banjir secara mendadak. (Ant)

Lihat juga...