Warga PNG Belajar Bahasa Indonesia di Balai Bahasa Papua

SORONG – Balai Bahasa Papua yang berkedudukan di Kota Jayapura, membantu warga negara tetangga Papua Nugini atau PNG yang ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Peneliti Ahli Muda Balai Bahasa Papua, Sri Yono, mengatakan, bahwa Balai Bahasa Papua sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai komitmen memartabatkan bahasa Indonesia.

Dia mengatakan, Balai Bahasa Papua tidak hanya melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang benar bagi masyarakat di Papua, tetapi juga bagi orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia yang benar.

Menurutnya, tahun ini pemerintah negara tetangga PNG mengirim empat orang warganya untuk belajar memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Dikatakan, duta besar PNG untuk Indonesia dalam mengunjungi Bali Bahasa Papua dan tahun depan 12 pejabat pemerintahan PNG, akan datang belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Tidak hanya bahasa, kata dia, warga negara tetangga PNG tersebut juga akan belajar tentang keanekaragaman budaya negara Republik Indonesia.

Ia menyayangkan, masih banyak warga Indonesia yang belum mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, padahal warga asing saja ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Menurutnya, fenomena yang terjadi saat ini, bahasa Indonesia masih belum menjadi tuan rumah di negara kita sendiri. Hal tersebut nyata terlihat di ranah publik masih banyak tulisan bahasa asing yang notabene tidak dikunjungi oleh orang asing.

“Balai Bahasa Papua terus melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada masyarakat Indonesia, sebagai upaya memartabatkan bahasa Indonesia di negeri kita sendiri,” tambah dia. (Ant)

Lihat juga...