‘Warung Cerdas’ Permudah Pedagang Desa Madura dengan Layanan Pesan-Antar

Editor: Makmun Hidayat

CILACAP — Dalam upaya memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap sebagai Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri menyediakan kemudahan akses bagi warung-warung yang sudah diberikan bantuan modal dalam berbelanja. Warung Cerdas Damandiri bekerja sama dengan KUD Tama, siap untuk mengantar pesanan belanja warung-warung di Desa Madura.

Meskipun berjarak antara 10 kilometer hingga 12 kilometer dari Desa Madura, layanan pesan-antar tersebut tidak dibebani dengan biaya tambahan. Para pedagang warung di Desa Madura, hanya membayar sejumlah harga barang yang di pesan.

Manajer Usaha dan Modal Mikro KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Ery Rahmat Januar, di kantor KUD, Jumat (20/12/2019). -Foto: Hermiana E. Effendi

Manajer Usaha dan Modal Mikro KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Ery Rahmat Januar mengatakan, pada awalnya warung cerdas akan ditempatkan di Desa Madura, namun karena belum ada tempat yang memadai, maka untuk sementara dialihkan ke KUD Tama di Kecamatan Wanareja.

“Kita di KUD Mandiri Lestaris Sejahtera belum memiliki tempat, karena itu Warung Cerdas-nya di KUD Tama dulu,” terangnya, Jumat (20/12/2019).

Lebih lanjut Ery menuturkan, Warung Cerdas melayani pembelian via telephon ataupun WhatsAap dan siap untuk mengantarkan barang belanjaan sampai di lokasi tanpa dipungut biaya tambahan. Ketentuannya, minimal belanja senilai Rp150.000 untuk yang diantar sampai lokasi tujuan.

Terkait harga, lanjutnya, Warung Cerdas memiliki harga yang bersaing, untuk belanjar grosiran harga diberikan jauh lebih murah.

Hampir semua warung binaan Yayasan Damandiri melalui KUD Mandiri Lestari Sejahtera di Desa Madura memesan barang dagangan dari Warung Cerdas. Selain harga yang murah, juga karena kemudahan akses belanja yang diberikan.

Salah satu pemilik warung di Desa Madura yang memanfaatkan layanan pesan-antar dari Warung Cerdas, Aan Darwati (34) mengatakan, ia sudah lama berbelanja di Warung Cerdas dengan memanfaatkan layanan pesan-antar. Selain menghemat waktu, juga menghemat biaya tranportasi.

“Lebih enak belanja di Warung Cerdas, barang diantar dan tidak ada biaya tambahan, kalau kita pergi berbelanja sendiri, sudah bawa barang belanjaan banyak, pakai sepeda motor repot, belum lagi sekarang kadang turun hujan. Layanan pesan antar ini sangat memudahkan kami di Desa Madura untuk berbelanja,” tuturnya.

Ibu Aan Darwati merupakan salah satu warga Desa Madura yang mendapatkan bantuan bedah rumah dari Yayasan Damandiri. Total bantuan yang diterimanya Rp25 juta, dengan peruntukan Rp20 juta untuk perbaikan rumah, Rp2.500.000 untuk pembuatan warung dan Rp2.500.000 untuk belanja barang dagangan.

Dengan adanya bantuan tersebut, maka Ibu Aan kini memiliki warung kelontong di rumahnya dan untuk mengisi barang dagangannya, ia langganan berbelanja di Warung Cerdas dengan memanfaatkan layanan pesan-antar.

Lihat juga...