Bantu Siswa Tidak Mampu, Damandiri Berikan Beasiswa

Editor: Makmun Hidayat

MALANG  — Peningkatan kualitas pendidikan di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang terus diupayakan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Tak hanya memberikan bantuan dana untuk renovasi gedung sekolah maupun Alat Peraga Edukasi (APE) indoor, Yayasan Damandiri juga memberikan bantuan beasiswa kepada 75 siswa yang tersebar di beberapa sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang.

Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, sekaligus pelaksana program DCML kedungkandang, Dian Novianti Widiasari, menjelaskan pemberian beasiswa tersebut sudah dilakukan sejak tahun ajaran baru pada bulan Mei 2019 hingga sekarang.

“Ada 75 siswa PAUD yang mendapatkan beasiswa dari Damandiri. Mereka masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp25.000 per bulan,” jelasnya saat di temui di kantor KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Senin (27/1/2020), seraya mengatakan beasiswa tersebut diberikan setiap dua bulan sekali sebesar Rp50.000.

Disampaikan Dian, terdapat tujuh sekolah PAUD yang siswa siswinya mendapatkan beasiswa Damandiri. Rinciannya yaitu PAUD Sejahtera 22 anak, Mutiara Indonesia 6 anak, Bani Hasyim 13 anak, Tunas Bangsa 10 anak, Akhlakuk Karimah 3 anak, Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 20 sebanyak 10 anak dan KB ABA 29 sebanyak 11 anak.

“Mereka yang mendapatkan beasiswa merupakan siswa siswi dari keluarga yang tidak mampu Pra Keluarga Sejahtera (Pra KS) maupun Keluarga Sejahtera (KS) 1,” sebutnya.

Menurut Dian, tujuan dari pemberian beasiswa tersebut adalah agar anak-anak sebagai cikal bakal generasi penerus bangsa bisa terus termotivasi untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang bagus serta layak bagi mereka.

“Dengan begitu diharapkan bangsa ini bisa semakin maju dan kuat,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, kepala sekolah PAUD Bani Hasyim, Faria Agusti Ningrum, mengaku senang 13 siswanya bisa mendapatkan beasiswa dari Damandiri.

Alhamdulillah 13 siswa kami mendapat beasiswa Damandiri. Mereka ada yang berasal dari keluarga tidak mampu dan ada juga yang merupakan anak yatim,” terangnya.

Harapannya bantuan dari Damandiri bisa terus berkelanjutan sehingga membantu anak-anak yang memang memiliki keinginan untuk sekolah.

Lihat juga...