Bantuan APE Mudahkan Para Guru PAUD Mengajar

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Suasana PAUD Delima di Dusun Klembon, Trirenggo, Bantul, Selasa (21/01/2020) nampak begitu semarak. Anak-anak berusia di bawah 5 tahun terlihat antusias belajar sambil bermain aneka permainan. 

Ada yang tengah belajar merangkai puzzle bentuk-bentuk binatang, ada yang sedang belajar menganyam, hingga ada pula yang tengah belajar menjiplak huruf. Semuanya terlihat gembira dan bersemangat belajar lewat sejumlah permainan.

Bantuan Alat Peraga Edukatif (APE) yang diberikan Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari memang mampu memberikan nuansa baru dalam proses pembelajaran di PAUD Delima. PAUD tingkat dusun yang baru berjalan setahun terakhir ini terlihat semakin ramai dan semarak.

Pengelola PAUD Delima, Rosalina Herawati, di dusun Klembon, Trirenggo, Bantul, Selasa (21/01/2020). -Foto: Jatmika H Kusmargana

Pengelola PAUD Delima, Rosalina Herawati, mengaku menerima bantuan APE dari Yayasan Damandiri pada akhir tahun 2019 lalu. Bantuan APE ia terima dalam berbagai macam alat permainan edukasi untuk anak-anak. Mulai dari mainan balok puzzle, mainan menjahit, mainan menjiplak huruf, mainan meronce hingga mainan menganyam.

“Adanya bantuan APE ini jelas sangat bermanfaat. Karena bisa mendorong anak-anak semangat untuk belajar. Dengan APE ini anak menjadi senang karena mereka bisa belajar sambil bermain aneka permainan,” katanya Selasa (21/01/2020).

Tak hanya memberikan warna baru dalam pembelajaran bagi anak-anak, adanya bantuan APE ini ternyata juga diakui mempermudah para guru dalam mengajar. Pasalnya para guru tidak perlu lagi membuat sendiri alat permainan edukatif dari barang-barang seadanya.

“Kalau dulu kita para guru harus membuat sendiri alat permainan edukatif, seperti misalnya dari bahan kardus bekas, bola plastik, dan sebagainya. Tapi dengan bantuan APE ini kita tinggal mengajari anak saja. Dari bentuk, warna dan fungsinya juga lebih variatif dan menarik. Sehingga anak lebih antusias,” katanya.

Melalui Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Yayasan Damandiri rutin menjalankan program peningkatan kualitas pendidikan lewat program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Program pendidikan yang dijalankan meliputi peningkatan kapasitas SDM/tenaga pendidik hingga pemberian bantuan sarana pembelajaran APE.

Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dipilih karena dinilai merupakan jenjang paling vital dalam membentuk karakter anak di masa mendatang. Karena di usia inilah anak mencapai usia emas, dimana setiap pembelanjaan yang diterima akan menentukan kebiasaan, perilaku, sikap dan mental mereka kelak.

Lihat juga...