Bom Mobil Kembali Meledak di Somalia

Suasana tempat kejadian perkara ledakan bom mobil di Mogadishu, Somalia, Sabtu (28/12/2019) – Foto Ant

MOGADISHU – Sebuah bom mobil meledak di Somalia. Ledakan yang terjadi di Afgoye, wilayah di barat laut ibu kota Somalia Mogadishu tersebut, menyasar kelompok kontraktor asal Turki.

Tidak ada informasi segera mengenai korban dari ledakan yang terjadi Sabtu (18/1/2020) tersebut. “Mobil sarat bom yang sedang melaju kencang menghantam sebuah restoran, tempat para insinyur Turki dan polisi Somalia sedang makan siang,” kata petugas polisi, Nur Ali, Sabtu (18/1/2020).

Tidak diketahui siapa dalang di balik serangan tersebut. Namun, warga dan polisi mengungkapkan, anggota kelompok al Shabaab berupaya menyerang Afgoye, wilayah yang berada sekira 30 kilometer dari Mogadishu, pada Jumat (17/1/2020) sore. Mereka pun berhasil diusir.

Kelompok gerilyawan terkait al Qaida tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan terdahulu, dalam aksinya melengserkan pemerintah Somalia yang didukung PBB. “Kami mendengar ledakan keras dan asap hitam langsung mengepul ke udara. Sebelum ledakan, sejumlah insinyur Turki dan konvoi polisi bersenjata Somalia sedang berada di lokasi kejadian,” kata Farah Abdullahi, salah satu saksi mata.

Penjaga toko tersebut mengatakan, melihat adanya korban. Namun, tetapi tidak mengetahui apakah mereka tewas atau terluka. Insinyur dari Turki sedang membantu pembangunan jalan di Somalia. Sekelompok insinyur ikut menjadi korban dalam ledakan di pos pemeriksaan di Mogadishu pada akhir Desember lalu. Saat itu ledakan menewaskan sedikitnya 90 orang. (Ant)

Lihat juga...