Bupati Banyumas Minta Optimalkan Sikap Tolong-Menolong

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengingatkan warga Banyumas untuk kembali menghidupkan sikap saling tolong-menolong. Terutama saat sekarang sedang menghadapi cuaca ekstrem, dimana banyak terjadi bencana longsor dan banjir.

“Seperti lilin yang baru saja kita nyalakan bersama-sama, mari kita hidupkan jiwa saling tolong-menolong, kita sisihkan sebagian rejeki kita untuk masyarakat yang terkena bencana. Sebab, bencana bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja, hari ini kita yang menolong, siapa tahu besok atau lusa, giliran kita yang butuh pertolongan,” kata Bupati dalam perayaan Natal bersama umat Kristiani yang digelar di GOR Satria Purwokerto, Rabu (15/1/2020) malam.

Bupati mengaku tersentuh saat menyalakan lilin, menurutnya, dalam menjalani kehidupan tidak boleh cepat menyerah dan putus asa. Tetapi sebaliknya, harus terus belajar supaya bisa membantu sesama.

“Pancasila adalah rumah kita dan jika didalami semua ajaran kebaikan ada di dalamnya. Mulai dari ideologi negara, rasa kemanusiaan hingga tolong-menolong antar sesama umat Tuhan,” tuturnya.

Atas nama Pemkab Banyumas, Achmad Husein juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI, Polri serta pihak lainnya yang sudah terlibat dalam pengamanan Natal tahun 2019. Sehingga perayaan Natal di Kabupaten Banyumas berjalan kondusif, lancar, aman dan tidak terjadi huru-hara.

Perayaan Natal bersama di GOR Satria ini diikuti oleh sekitar 3.000 umat Kristiani dan mengambil tema ‘Yesus Sahabat Semua Orang, Yesus Sahabat Keluarga.

Perayaan diawali dengan penampilan hiburan musik Anglung (Kor Kolosal lagu Natal) yang dibawakan oleh anak-anak Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purwokerto dan Santa Maria (Santo Yosep) sebanyak 50 anak. Selain itu, ada juga penampilan Dance Natal dari SD Palm Kids dan hiburan lainnya.

Pada acara tersebut Pendata Sukarmo menyampaikan, acara Natal bersama Umat Nasrani tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2019 pada hari ini merupakan puncak kegiatan perayaan Natal.

“Kita bersyukur di sela-sela kesibukan, kita dapat berkumpul bersama untuk merayakan Natal. Puncak perayaan ini merupakan Natal yang sangat membahagiakan, karena dihadiri begitu banyak saudara-saudara kita,” tuturnya

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa bangganya atas masyarakat Banyumas yang bisa menjaga kebersamaan dan toleransi antarumat beragama.

Kapolresta juga mengapresiasi semua pihak dari mulai Banser, Pemuda Pancasila, pemuda Muhammadiyah dan lainnya yang turut terlibat dalam pengamanan Natal.

“Kerukunan dan saling toleransi ini harus tetap kita jaga dan saya percaya masyarakat Banyumas mampu melakukannya,” pungkasnya.

Acara perayaan yang berlangsung hingga pukul 22.00 WIB ini ditutup dengan penampilan kulintang dari siswa SD Karitas Purwokerto serta doa bersama. Dan setelah itu menyanyikan lagu Merry Chrismas bersama-sama.

Lihat juga...