Damandiri Dukung Peningkatan Kualitas PAUD di Kedungkandang

Editor: Koko Triarko

MALANG – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) terus memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Salah satunya dengan pemberian bantuan Alat Peraga Edukasi (APE) Indoor dan renovasi gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri. 

Sebanyak enam PAUD mendapatkan bantuan APE indoor dan dua PAUD memperoleh bantuan renovasi gedung. Salah satunya, PAUD Bani Hasyim di jalan KH. Hasyim RT 03 /RW 03, kelurahan Kedungkandang, kota Malang.

Kepala sekolah PAUD Bani Hasyim, Faria Agustin Ningrum, mengatakan, PAUD Bani Hasyim berdiri sejak 12 Desember 2012. Pada awal berdiri, jumlah siswa cukup banyak. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jumlah siswa mulai berkurang karena makin banyak lembaga pendidikan yang baru.

“Total siswa tahun ini ada 20 anak, masing-masing kelas A 10 anak dan kelas B 10 anak. Kelas A usianya 4-5 tahun kelas B 5-6 tahun, dengan jumlah pengajar lima orang,” jelasnya, saat ditemui di PAUD Bani Hasyim, Senin (13/1/2020).

Beragam APE indoor bantuan Damandiri, di PAUD Bani Hasyim, Senin (12/1/2020). -Foto: Agus Nurchaliq

Dikatakan Faria, bagi siswa yatim SPP gratis. Sedangkan untuk anak-anak yang lain, SPP Rp80 ribu per bulan, sudah termasuk ekstrakulikuler mewarnai dan Banjari.

Lebih lanjut disampaikan Faria, untuk Alat Peraga Edukasi (APE) sendiri sebenarnya sudah ada, tapi kondisinya tidak layak dan sudah banyak yang rusak.

“Namanya anak-anak, APE sering dibuat mainan, sehingga banyak yang rusak. Tapi alhamdulillah, sekarang sudah kita ganti dengan yang baru melalui bantuan dari Damandiri,” ucapnya.

Macam APE berupa  puzzel huruf, puzzel hijaiyah, bakiak untuk lomba, timbangan geometri, kereta geometri, dan huruf.

Disebutkan, selain APE indoor, PAUD Bani Hasyim juga mendapatkan bantuan renovasi kamar mandi berupa keramik.

“Harapannya, bantuan dari Damandiri bisa berkelanjutan, tidak sekadar hanya untuk saat ini saja,” ujarnya.

Sementara itu Manajer Umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, menjelaskan bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing PAUD. Ada PAUD yang hanya mendapatkan bantuan APE saja atau renovasi gedung saja, tapi ada juga PAUD yang mendapatkan bantuan keduanya.

“PAUD Bani Hasyim ini kebetulan membutuhkan bantuan keduanya. Jadi mereka mendapatkan bantuan APE indoor senilai satu juta rupiah, dan bantuan renovasi kamar mandi senilai 2,5 juta, ” ungkapnya.

Menurut Dian, pemberian bantun tersebut k sebagai salah satu bentuk komitmen Damandiri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya kelurahan Kedungkandang.

“Jadi pemberian bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, agar bisa mencetak generasi muda yang lebih baik,” pungkasnya.

Lihat juga...