Damandiri Turut Berperan Atasi ‘Stunting’ di Trirenggo

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Sektor kesehatan menjadi kunci kemajuan dan perkembangan di setiap desa, selain pemberdayaan ekonomi. Karenanya, Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari di desa Trirenggo, Bantul, juga memberikan berbagai bantuan di bidang tersebut.

Salah satu upaya Yayasan Damandiri di bidang kesehatan adalah turut serta mengatasi persoalan stunting atau gizi buruk di desa itu. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah saat ini, yang menjadikan pencegahan stunting sebagai program nasional untuk mewujudkan SDM yang unggul.

Di wilayah desa Trirenggo, persoalan stunting masih menjadi tantangan yang harus segera diselesaikan. Pasalnya, di sejumlah dusun diketahui masih ada warga yang masuk dalam kategori stunting. Meskipun kasus stunting lebih disebabkan faktor bawaan atau keturunan dan bukan karena kekurangan asupan gizi.

Kader kesehatan Posyandu Pisang, dusun Code, Nur Iswahyuni, menyebut ada tiga orang warganya yang masih anak-anak masuk kategori stunting. Mereka memiliki berat badan yang masih di bawah standar.

“Di sini ada tiga anak balita yang stunting. Tapi, lebih karena faktor keturunan. Orang tuanya memiliki badan yang kecil, sehingga si anak pun juga memiliki badan yang kecil. Jadi, bukan karena kekurangan makanan bergizi. Tapi, keturunan,” ungkapnya.

Meski begitu, Posyandu tetap berupaya mengatasi persoalan tersebut dengan sejumlah program. Mulai dari menyelenggarakan kegiatan posyandu secara rutin untuk mengawasi perkembangan setiap anak, hingga memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi setiap warga desa.

Melalui sejumlah programnya di bidang kesehatan, Yayasan Damandiri pun aktif mendukung dan mendorong setiap kader di masing-masing Posyandu, untuk mengatasi persoalan stunting ini. Dukungan itu dilakukan, salah satunya dengan memberikan bantuan alat kesehatan yang lebih modern bagi setiap Posyandu di wilayah desa Trirenggo.

Yayasan Damandiri juga aktif memberikan bantuan berupa PMT untuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Kita berharap, program Yayasan Damandiri ini bisa terus berjalan di desa Trirenggo, karena manfaatnya jelas dapat dimanfaatkan oleh semua warga,” ungkap salah seorang kader kesehatan Posyandu Pisang, dusun Code, lainnya, Wartinah.

Lihat juga...