Danau Mekarsari Tarik Pemancing Kawakan asal Lampung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Danau Mekarsari dengan kelestarian dan tampilan ekosistemnya, berhasil menarik para angler  atau pemancing untuk strike berbagai jenis ikan. Salah satunya angler kawakan Ferry Hendry Yamyn asal Lampung.

“Saya mulai memancing itu dari muda, sejak di Jakarta. Komunitas saya SH2G. Saya ikut kali ini memang atas info dari komunitas,” kata Ferry saat ditemui di Danau Mekarsari, Taman Buah Mekarsari Bogor, Minggu (12/1/2020).

Ia menyebutkan spot memancing mana pun memiliki daya tarik sendiri.

“Sebagai angler itu, yang dipilih bukan spot. Tapi begitu lihat air, bawaannya pengen mancing. Gak lihat air asin, air tawar atau besar ikan. Pokoknya mancing,” ujarnya sambil tertawa.

Tapi, kalau disebut berkesan, Ferry menyebutkan salah satunya adalah memancing GT atau Giant Trevally di Selat Sunda.

“Saya pernah menangkap hingga 18 kilo. Sensasinya itu saat strike dan fetting dengan ikan. Itu tak ternilai harganya,” kata pria yang biasa menggunakan alat pancing spinning dan BC ini.

Pilihan untuk masuk komunitas, menurut Ferry yang utama adalah untuk menjalin silaturahmi dengan sesama angler.

“Yang lainnya adalah karena dalam komunitas kita bisa share ilmu. Apakah itu terkait alat pancing yang cocok di air asin yang mana, atau air tawar yang mana. Atau bisa juga untuk para pemula, bisa sharing tentang alat pancing yang mumpuni walaupun harga tidak mahal,” ujarnya.

Dengan bergabung dengan komunitas juga, Ferry mengharapkan stigma yang menyatakan bahwa memancing itu adalah hobi mahal bisa dihilangkan.

“Ini memang hobi. Tapi kan sebenarnya olahraga juga. Jadi harapan saya, memancing ini jangan distigma sebagai hal yang mahal. Semuanya bisa disesuaikan. Peralatannya memang banyak, tapi bisa dicicil untuk kepemilikannya,” paparnya.

Walaupun baru pertama mencoba Danau Mekarsari, tapi menurut Ferry, Danau Mekarsari ini termasuk spot yang mampu menarik minat para angler.

“Para angler melihat spot yang ada ganggang dan teratai ini sebagai spot yang banyak ikannya. Jadi memang layak untuk dicoba dan memang hasilnya kan bisa dilihat. Banyak angler yang dapat. Jadi menurut saya lokasi ini memang bagus,” pungkasnya.

Lihat juga...