DCML Argomulyo Prioritaskan Pengembangan Homestay dan Warung Kita di 2020

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho saat ditemui di kantornya Kamis (12/12/2019). Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA — Setelah mengevaluasi capaian program sepanjang tahun 2019, di tahun 2020 ini, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo selaku pelaksana Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo, Sedayu, Bantul, mulai memprioritaskan program-program yang masih belum tergarap maksimal. Di antaranya unit usaha penyewaan Homestay dan Warung Cafe Damandiri.

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, mengaku sudah memiliki sejumlah rencana terkait hal tersebut. Selain akan mempromosikan homestay lewat pemanfaatan teknologi digital terbaru, pihaknya juga akan merombak Warung Cafe Damandiri menjadi Warung Kita.

“Warung Cafe Damandiri ini akan kita rombak menjadi Warung Kita. Semacam toko retail yang menyediakan berbagai macam kebutuhan warga. Nanti akan kita bangun gudang sebagai sarana pendukung,” ujarnya kepada Cendananews Kamis (16/01/2020).

Selain pembenahan, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo juga akan merealisasikan sejumlah program baru, untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu yang digadang-gadang adalah program budidaya nila merah dengan sistem kincir.

“Jika program budidaya nila merah ini berjalan kita yakin akan bisa meningkatkan pendapatan warga di desa Argomulyo secara signifikan. Kita sudah ada hitung-hitungannya. Program ini nanti akan disandingkan dengan Toko Kita dan unit usaha Modal kita (Tabur Puja),” katanya.

Tak hanya itu, tahun 2020 ini, Gatot juga bertekad merealisasikan sejumlah program sosial yang belum sempat terlaksana tahun 2019 lalu. Di antaranya adalah pembangunan Youth Center sebagai wahana berkegiatan warga dalam hal olahraga, kesenian dan perpustakaan. Program Dindingisasi bagi sebanyak 100 kk, hingga percontohan program Toga Busi (Tanaman Obat dan Gizi) atau semacam apotik hidup di sebanyak 4 titik lokasi.

“Karena itu kita harapkan tahun 2020 ini semuanya bisa selesai sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Lihat juga...