Dekopon, Buah Jeruk Besar yang Tak Berbiji

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Pengembangbiakan Jeruk Dekopon yang berasal dari Jepang mampu dilakukan dengan baik oleh Taman Buah Mekarsari. Walaupun, dari segi kecocokan alam, wilayah dataran tinggi akan mampu menghasilkan buah yang lebih maksimal dibandingkan dataran rendah atau menengah.

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Taman Buah Mekarsari Junaedi menyatakan, jeruk Dekopon dapat dikembangbiakan dengan mudah.

“Jenis jeruk ini memang belum terlalu terkenal di Indonesia. Tapi, sangat memungkinkan untuk dikembangbiakan. Terutama di daerah dataran tinggi, seperti Puncak,” kata Junaedi saat ditemui di area Jeruk, Taman Buah Mekarsari Bogor, Jumat (31/1/2020).

Ia menyebutkan keunggulan jeruk Dekopon ini adalah ukurannya yang besar dan tidak memiliki biji di dalam buahnya.

“Ciri khasnya adalah tonjolan yang berada di ujung buah. Selain ukurannya yang besar, kulit jeruk Dekopon yang berwarna seperti jeruk sunkist ini rasanya tidak pahit. Malah bisa disebut agak manis,” ujarnya.

Dari mulai berbuah hingga saat panen membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Berat buahnya bisa mencapai 1 kg per buahnya.

“Daunnya sendiri berukuran besar dan berbentuk lonjong panjang. Tapi tidak seperti daun jeruk pada umumnya yang wangi, daun jeruk Dekopon ini tidak wangi. Dan batangnya juga tidak memiliki duri,” paparnya.

Kandungan vitamin C dalam jeruk Dekopon ini termasuk tinggi, sehingga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

“Kalau dalam suhu 20-26 derajat Celcius, ketinggian 1.000 mdpl dan sinar matahari sepanjang tahun, jeruk ini dapat bertumbuh dengan baik. Bisa dilihat dari warna buahnya yang mampu berwarna oranye,” ucapnya.

Karena tidak memiliki biji, maka jeruk Dekopon ini dikembangbiakan dengan cara vegetatif.

“Bisa dengan cangkok, okulasi atau kultur jaringan. Untuk penanaman bisa dilakukan di tanah maupun di tabulampot. Tunas dari indukan, disebut sudah cukup umur jika sudah muncul buah bermahkota yang tumbuh di pangkal buah,” pungkasnya.

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari Firman Setiawan menyebutkan jeruk Dekopon ini juga memiliki afiliasi dengan kegiatan Imlekasturi di Taman Buah Mekarsari.

“Semua jenis jeruk yang menghasilkan buah jeruk berwarna kuning atau oranye itu kita display di area Imlekasturi. Dan memang jeruk Dekopon menjadi salah satu yang ditanyakan oleh para pengunjung,” ujarnya.

Lihat juga...