Di Awal Tahun, Disdukcapil Pekanbaru Cetak 10.000 KTP Elektronik

Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kota Pekanbaru buka perekaman KTP-e keliling (Foto Ant)

PEKANBARU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, siap mencetak 10.000 Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) milik warga setempat di awal 2020 ini.

“Kami akan cetak KTP elektronik seiring sudah masuknya pasokan blanko sekitar 10 ribu keping,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Irma Novrita di Pekanbaru, Sabtu (18/1/2020).

Irma mengatakan, saat ini masih banyak warga Ibu Kota Provinsi Riau tersebut yang sudah merekam data diri. Hal itu telah dilakukan di sepanjang 2019 lalu. Namun, untuk proses pencetakan KTP-nya tertunda, lantaran keterbatasan jumlah blanko KTP elektronik. “Kami berupaya segera mencetak KTP elektronik yang proses cetaknya sempat tertunda, karena keterbatasan blanko kala itu,” katanya.

Saat ini, data Dinas Dukcapil Kota Pekanbaru mencatat ada 30 ribu lebih KTP elektronik yang tertunda proses cetaknya. Yaitu KTP elektronik yang data perekaman datanya sudah dilakukan selama 2019. “Mereka juga sudah melakukan perekaman data pada tahun lalu,” katanya.

Sementara tercatat, masih ada KTP elektronik yang juga belum tercetak, akibat perubahan data di 2017 silam. “Adanya perubahan data disebabkan adanya pemekaran kelurahan kala itu, sehingga menyisakan penundaan cetak hingga sekitar 3.000 keping,” tambahnya.

Dinas Dukcapil Kota Pekanbaru sedang berupaya menyelesaikan proses cetak yang tertunda, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Proses cetak KTP elektronik yang tertunda bakal berlangsung secara bertahap, sehubungan sudah diterimanya pasokan blanko. “Kami dari dinas tetap berupaya menuntaskan KTP elektronik yang tertunda cetaknya,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...