Hujan Guyur Jakarta, 78 Titik Digenangi Air

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Hujan terus mengguyur DKI Jakarta sejak pagi menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan. Akibat curah hujan tinggi itu, sejumlah wilayah tergenang air yang meluap dari drainase. Salah satu di komplek Kedoya Utara, Jakarta Barat. Tinggi air dilaporkan mencapai 20 centimeter.

Salah seorang warga Kembangan Utara, Maesaroh mengatakan kawasan ini sering tergenang air jika hujan turun dalam jangka waktu lama. Selain itu dia mengaku dalam satu bulan sudah tiga kali mengalami banjir.

“Tadi subuh air sudah mulai naik, ada mungkin semata kaki,” kata Maesaroh salah seorang pedagang di sekitar Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (24/1/2020) siang.

Namun untuk genangan air kali ini dia bersyukur. Pasalnya, airnya bening, tidak keruh seperti banjir sebelumnya. Dia juga berharap semoga airnya cepat surut. “Untungnya airnya gak keruh. Semoga saja surut,” tuturnya.

Selain di Jakarta Barat, Monumen Nasional (Monas) ikut terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Jumat pagi, 24 Januari 2020. Ketinggian air di Monas mencapai 25 cm. Posisi banjir berada di Jalan Medan Merdeka Barat, pintu masuk Monas, terlihat air berwarna coklat menutupi kawasan Monas.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Glen Satista saat memantau kondisi banjir di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020) siang. -Foto: Lina Fitria

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Glen Satista mengatakan genangan terjadi di Jalan Medan Merdeka sudah surut tidak lebih dari setengah jam. Penyebab genangan karena kali di Abdul Muis sempat meluap.

Sudin SDA Jakpus menurunkan sebanyak 40 personel dikerahkan untuk membersihkan tali-tali air yang mengarah ke Kali Abdul Muis.

“Kita bersihkan semua aliran Kali Abdul Muis dan langsung surut setelah alirannya lancar,” ujar Glen Satista, ditemui di Monas.

Glen menjelaskan, aliran saluran air di Jalan Medan Merdeka Barat itu seluruhnya mengalir ke kali. “Jadi karena tadi sempat tinggi air di kalinya, air dari saluran dan jalan di sini antre,” tandasnya.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan terdapat 78 titik genangan air di seluruh Jakarta akibat hujan deras yang melanda ibu kota sejak Jumat pagi hingga siang, bahkan ada yang sedalam 2,5 meter.

Menurut data BPBD DKI titik terdalam berada di Underpass Gandhi School Kel. Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran dengan kedalaman 250 centimeter atau 2,5 meter.

Lihat juga...