Inovasi Serabi Kuah Aneka Rasa ala Baba Ndul

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Serabi banyak dijumpai di berbagai sudut Kota Purwokerto. Namun, inovasi hidangan serabi yang dilengkapi dengan kuah susu segar asli dari Baturaden serta aneka toping, hanya bisa dinikmati di warung Baba Ndul.

Warung yang hanya bertempat pada gerobak kecil ini, menyajikan aneka jenis serabi kuah. Mulai dari serabi kuah pandan yang menggunakan toping keju, coklat, vanila, kismis, stroberi, bluebery, kacang hingga serabi kuah dengan toping durian, oreo, nangka, pisang dan lain-lain.

Hidangan serabi kuah ini istimewa, karena kuahnya menggunakan susu segar dari Baturaden. Sehingga selain lezat dan membuat kenyang, juga merupakan hidangan sehat.

“Yang paling laku di sini toping oreo sama coklat dan durian. Tetapi yang paling banyak disukai pelanggan yang toping durian, jadi ada serabi, kuah susu segar dan di atasnya diberi satu kepal durian yang sudah dilumatkan,” kata juru masak serabi kuah, Sugeng, Sabtu (11/1/2020).

Juru masak serabi kuah, Sugeng sedang melayani pembeli, Sabtu (11/1/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

Cara membuat serabi ini, lanjut Sugeng, seperti membuat serabi biasa. Ia membuat dua jenis serabi, yaitu serabi original yang berwarma putih semua dan serabi rasa pandan yang berwarna hijau.

Kemudian serabi diberi toping sesuai pesanan pelanggan dan setelah itu diberi kuah susu segar. Untuk menambahkan rasa manis, karena susu segar rasanya tidak manis, biasanya ditambahkan susu kental manis sedkit.

Harga satu buah serabi kuah bermacam-macam, tergantung dari permintaan toping. Namun, kisaran harganya masih sangat terjangkau yaitu antara Rp 6.000 hingga Rp 10.000 per biji. Biasanya satu pelanggan bisa makan 1-2 serabi, bahkan ada yang sanggup menghabiskan 3 serabi kuah.

Salah satu pelanggan serabi kuah, Dayat mengatakan, saat musim hujan seperti sekarang ini, makan serabi kuah menjadi pilihan yang tepat. Dayat mengaku menyukai toping durian dan keju dan ia cukup makan dua porsi serabi kuah.

“Sudah langganan makan di sini, karena serabi kuah hanya ada di sini. Terkadang suka pesan melalui layanan online, tetapi kalau pas lewat, juga pasti mampir,” tuturnya.

Lokasi serabi kuah yang berada di kompleks kuliner GOR Purwokerto juga merupakan tempat strategis yang sering dikunjungi penggemar kuliner di kota satria ini. Serabi kuah ini mulai buka pukul 11.00 WIB dan melayani pembeli hingga pukul 22.00 WIB.

Lihat juga...