Jalan Provinsi Rusak di Sijunjung Ditanami Padi, Segera Diperbaiki

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memastikan bakal melakukan perbaikan jalan provinsi yang rusak parah di daerah Jorong Koto Tuo, Nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Hal ini dipastikan setelah didatangi langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, bersama rombongan, Rabu (22/1/2020).

Terpantau, kondisi jalan itu memang memprihatinkan, sehingga para emak-emak di sana melakukan aksi penanaman padi sebagai bentuk protes kepada pemerintah. Apalagi kondisi jalan rusak di daerah itu bukanlah hal baru, tapi kondisi tersebut sudah berlangsung selama satu tahun ini.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mengatakan, sebagai solusi jangka pendek untuk melakukan perbaikan ini Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat akan melakukan perbaikan pemeliharaan sementara. Hal ini mengingat anggaran daerah baru bisa dicairkan pada bulan Maret 2020. Artinya, untuk mengurangi jalan yang becek dan digenangi air ini, perlu dilakukan penimbunan.

“Saya melihat perlu melakukan beberapa hal, selain untuk memperbaiki jalan yang rusak ini, di sepanjang jalan itu perlu ada drainase, sehingga air bisa bisa mengalir ke drainase dan tidak menggenangi jalan,” katanya, Rabu (22/1/2020).

Nasrul tidak mempersoalkan terkait adanya aksi emak-emak yang sengaja menanami padi di jalan yang becek itu, karena kondisi jalan provinsi tersebut benar-benar tidak diketahui. Untuk itu, tujuan kedatangannya di jalan yang ditanami padi oleh warga tersebut, melakukan mediasi sehingga tidak ada kekecewaan yang mendalam di hati warga.

“Jika nanti anggaran telah cair, kalau tidak salah saya ada dana untuk perbaikan jalan ini sebesar Rp8 miliar. Saya berharap kepada Dinas PU untuk benar-benar melakukan perbaikan jalan ini ketika anggaran 2020 telah bisa dicairkan,” harapnya.

Lihat juga...