JPO Jembatan Gantung di Daan Mogot Menarik Perhatian Warga

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jembatan Gantung, Daan Mogot, Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat akhirnya selesai direnovasi oleh Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Setelah setahun lebih sejak ditabrak truk hingga rusak pada November 2018 lalu. 

Menurut warga sekitar JPO Jembatan Gantung, Buyung (50) JPO itu sudah rampung namun belum 100 persen. Masih ada bangunan yang masih dikerjakan oleh pengembang. Namun JPO itu sudah bisa digunakan oleh warga sekitar.

“JPO udah bisa digunakan sama warga tapi belum selesai semua. Masih ada yang dirapikan,” kata Buyung di temui di Jalan Daan Mogot, Keduang Kali Angke, Jakarta Barat, Senin (20/1/2020).

Seorang warga sekitar JPO Jembatan Gantung Buyung ditemui di warung nasi di sekitar Jalan Daan Mogot, Jembatan Gantung, Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat, Senin (20/1/2020) pagi. -Foto: Lina Fitria

Buyung mengatakan di bagian sebelah kiri JPO tersebut ada trotoar yang belum dicor. Tapi JPO itu sudah banyak digunakan warga untuk menyeberang.

“Udah tapi ada yang kurang, trotoar di bawah tangga JPO itu belum dicor di sebelah kiri arah ke Grogol dari Kalideres,” tuturnya.

Kemudian, kata Buyung, JPO tersebut bakal diresmikan pada bulan depan. Namun dia belum memastikan pasti kapannya.  “Katanya si Februari (diresmikan), tapi itu juga dengar-dengar,” paparnya.

Dia pun mengaku belum pernah mencoba menggunakan JPO tersebut. Tapi sering melihat warga sekitar yang sudah menggunakannya. “Saya si belom pernah make JPO itu, cuma lihat orang saja,” ungkapnya.

Dia pun menyambut baik atas dibangunnya JPO Jembatan Gantung itu. Dia menjelaskan, sebelum JPO itu rusak ditabrak truk, warga sekitar sudah mengajukan perbaikan pada JPO tersebut. Namun belum ada jawabannya. Sehingga JPO itu rusak ditabrak truk yang bermuatan melebihi batas JPO.

“Ini (JPO) udah lama diajuin ke Pemprov DKI, tapi baru dibenerin pasca-ditabrak truk itu,” ujarnya.

Selain JPO Jembatan Gantung, ada juga JPO yang sudah diresmikan pada 31 Desember 2019 lalu di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dimana JPO itu sudah bisa digunakan dan menjadi salah satu spot Instagramable di Jakarta Selatan.

Dari pantauan Cendana News di lokasi, JPO di Jembatan Gantung dilengkapi dengan penutup. JPO yang berkonsep modern dan futuristis ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, mulai dari lift, kamera CCTV, lift, hingga lampu hias berbagai warna dan terintegrasi dengan Transjakarta. Lampu itu nantinya akan menyinari jembatan sebagai penghias di malam hari. Serta rambu-rambu larangan saat menggunakan jembatan penyebrangan itu.

Salah seorang yang ditemui di JPO, Putri mengaku senang atas selesainya pembangunan JPO ini. Dia bisa menggunakan JPO itu untuk menyebrang dan ke TransJakarta.

“Bagus, enggak usah jauh-jauh ke Senayan. Akhirnya di Jakbar ada juga JPO yang instagramabler ini. Udah gitu terintegrasi juga ke Transjakarta,” kata Putri.

Lihat juga...