Kapolres Kebumen Instruksikan Seluruh Polsek Tanam Pohon

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Memasuki musim penghujan yang sudah disambut dengan banjir di berbagai daerah, Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, menginstruksikan kepada seluruh jajaran polsek di Kebumen untuk melakukan penanaman pohon. Kapolres sendiri memimpin aksi penanaman pohon di lingkungan Polres Kebumen, Jumat (3/1/2020).

“Kapolri mencanangkan program, Polri Peduli Penghijauan, seluruh jajaran hingga ke tingkat polres dan polsek diminta untuk melakukan penanaman pohon, sebagai upaya untuk menjaga lingkungan,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, pohon mempunyai fungsi untuk mencegah banjir karena bisa menahan resapan air, serta bisa mencegah longsor. Sehingga, dengan menanam satu pohon saja, akan banyak yang merasakan manfaatnya di masa mendatang.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti seluruh pejabat utama Polres Kebumen, Bhayangkari dan seluruh personel. Ada ratusan pohon yang ditanam dan sebagian besar merupakan pohon buah, seperti pohon jambu air, jambu batu, pohon durian, kelengkeng dan lain-lain.

Penanaman pohon dilakukan pada sejumlah titik di Mapolres Kebumen, mulai dari kawasan lapangan apel sebelah timur Mako yang berbatasan langsung dengan Jalan Tentara Pelajar Kebumen. Kemudian di samping Mapolres yang berdekatan dengan tempat parkir dan di dekat ruang Sat Reskrim serta di beberapa lahan yang masih kosong.

Kapolres Rudy juga menginstruksikan seluruh polsek-polsek di Kebumen untuk melakukan penanaman pohon serentak. Menurutnya, semakin banyak pohon yang ditanam, akan semakin terasa manfaatnya.

“Untuk penanaman pohon ini, kita upayakan diperbanyak pohon buahnya, sehingga selain bisa mencegah banjir, buahnya juga bisa dimanfaatkan oleh anggota,” tuturnya.

Sementara itu, kegiatan serupa juga terlihat di lingkungan Polsek Kebumen dan polsek lainnya. Kapolsek Kebumen, AKP Hari Harjanto bersama anggota tampak sibuk menggali tanah untuk menanam pohon jambu dan beberapa pohon buah lainnya.

Ada puluhan pohon yang ditanam dan nantinya setiap anggota secara bergiliran akan memelihara tanaman, mulai dari menyiram dan memberi pupuk.

“Nanti kita buat piket untuk yang bertugas merawat tanaman, supaya pertumbuhan tanaman terpantau dan dapat tumbuh subur, terlebih sekarang curah hujan sudah mulai tinggi,” katanya.

Lihat juga...