Kemenkes tak Keluarkan Daftar 19 Daerah Waspada Corona

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihantono, menyatakan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan daftar 19 daerah waspada virus corona, seperti yang sebelumnya ramai di media sosial.

“Tidak ada. Semua disiapkan untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan,” kata Anung, saat dihubungi, Senin (27/1/2020).

Ia juga menyampaikan, bahwa Kemenkes sudah menyiapkan 100 rumah sakit untuk penanganan penyakit infeksi emerging, sebagai upaya kesiapan menghadapi virus Corona.

“Ada tiga rumah sakit yang dijadikan rujukan nasional, yaitu RS Persahabatan, RSPAD Gatot Subroto dan RSPI Sulianti Saroso,” ujarnya.

Beberapa rumah sakit yang termasuk dalam daftar adalah RS Sardjito Yogyakarta, RS Otorita Kepulauan Riau, RSUD Blambangan Banyuwangi dan RS Dr. Wahidin Makassar.

Terkait berita tentang pasien terduga virus Corona di RS Hasan Sadikin Bandung,  Anung menyatakan masih menunggu konfirmasi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga sudah mengklarifikasi terkait pasien di Jambi yang diisukan mengalami gejala virus Corona. Dinyatakan, bahwa pasien tersebut mengidap influenza dengan gejala penyerta.

Lihat juga...