Klub Jantung Sehat Ikut Dukung Kegiatan Posyandu Lansia

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia (lansia), UPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang Lampung Selatan (Lamsel) mengintegrasikan kegiatan Posyandu lansia dengan kegiatan senam jantung sehat.

Kepala  UPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang, Samsu Rizal menyebutkan, kegiatan senam KJS dan Posyandu lansia kerap diiringi dengan pemeriksaan kesehatan gratis. Sebab salah satu tujuan Posyandu lansia agar bisa mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar. 

“Kegiatan posyandu lansia yang diintegrasikan dengan senam jantung sehat oleh klub yang dibentuk pada setiap desa tentunya akan semakin menyemangati para lansia sekaligus peningkatan peran bidan desa,” ungkap Samsu Rizal saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (24/1/2020)

Selain dilakukan pada setiap desa posyandu lansia bisa diintegrasikan dengan kegiatan senam yang digelar oleh setiap kecamatan. Sebab pada pekan terakhir setiap bulannya, Puskesmas yang ada di kecamatan mengundang klub jantung sehat dan unsur masyarakat melakukan senam bersama.

Hotmatika, bidan Desa Sumber Nadi Kecamatan Ketapang menyebutkan, Posyandu lansia usai melakukan senam kerap mendapat pemeriksaan kesehatan. Para lansia akan diperiksa kesehatannya oleh petugas di antaranya keluhan terkini, tekanan darah, pemeriksaan kimia darah seperti koleseterol, gula darah dan asam urat. Selain itu bagi lansia dilakukan pemeriksaan lingkar perut, berat badan dan tinggi badan.

Bagi para lansia penyuluhan pola hidup sehat untuk menjaga penyakit tidak menular (PTM). Penyuluhan bagi lansia untuk melakukan aktifitas fisik dianjurkan.

Keberadaan klub jantung sehat yang melakukan aktifitas fisik bisa diikuti meski dengan gerakan sederhana. Sebab para lansia yang rutin melakukan aktifitas fisik secara rutin bisa mempertahankan kebugaran meski dengan gerakan sederhana.

Lihat juga...