KONI Sulteng Pastikan 17 Cabor Lolos ke PON XX Papua

PALU – KONI Sulawesi Tengah mengklaim hingga kini sudah 17 cabang olah raga yang mengikuti prakualifikasi dipastikan lolos berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua/2020. Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele, membenarkan dan masih ada beberapa cabang lainnya sedang dan akan mengikuti prakualifikasi PON yang masih berlangsung di Tanah Air.

“KONI Sulteng menargetkan memperbaiki peringkat pada PON XX di Papua dari posisi papan bawah naik ke peringkat lebih baik,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Ada tujuh cabang yang menjadi unggulan dan andalan Sulteng untuk meningkatkan peringkat pada PON XX. Cabang olah raga tersebut, antara lain karate, pencak silat, tinju, sepak takraw putri, dayung, binaraga, dan taekwondo. Namun, tidak menutup kemungkinan cabang lainnya justru mengukir prestasi cemerlang di event empat tahunan itu.

Sementara cabang olah raga yang sudah memastikan meraih tiket ke PON XX di Provinsi Papua meliputi taekwondo, sepak takraw putri, balap sepeda, balap motor, biliar, binaraga, layar, paralayang, pencak silat, karate, panjat tebing, tenis meja, pentanque, anggar, muaythai, dan dayung.

Sedangkan cabang yang masih dan akan mengikuti prakualifikasi PON selama Januari-Maret 2020, antara lain judo, atletik, menembak dan renang. Dan, cabang olah raga yang pernah berjaya di kancah olah raga nasional era 1980-an, yakni sepak bola gagal meraih tiket ke PON 2020.

KONI Sulteng dipastikan melaksanakan pemusatan latihan menghadapi PON XX. Pelatda terpusat akan dilaksanakan di Palu, namun waktunya belum ditetapkan, sebab masih ada beberapa cabang yang sedang dan akan mengikuti prakualifikasi PON.

Anwar mengimbau semua cabang yang sudah lolos untuk meminta atletnya tetap berlatih sambil menunggu pemusatan latihan untuk seluruh cabang olah raga yang meraih tiket ke PON. (Ant)

Lihat juga...