Layanan Mobile BPJS Kesehatan Jemput Bola ke Pedesaan

Editor: Makmun Hidayat

BANYUMAS — Dalam upaya meningkatkan jumlah kepesertaan, BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto melakukan jemput bola dengan melakukan layanan mobile costumer service. Wilayah yang disasar dari layanan ini lebih banyak di pedesaan yang masyarakatnya tidak memiliki kendaraan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Anif Saofika mengatakan, pihaknya akan mendata kunjungan masyarakat di kantor BPJS Kesehatan. Untuk desa yang tingkat kunjungannya tinggi, maka BPJS akan menjadwalkan mobile costumer service di desa tersebut.

“Sasaran yang kita utamakan adalah desa atau kecamatan yang tingkat kunjungan ke kantor BPJS banyak, sehingga ketika membuka layanan mobile, maka akan terjaring banyak peserta,” jelasnya, Jumat (24/1/2020).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Anif Saofika di Sumbang, Jumat (24/1/2020). -Foto: Hermiana E .Effendi

Dalam satu kali layanan mobile, lanjutnya, BPJS Kesehatan bisa menjaring kepesertaan baru antara 75 – 90 orang. Selain itu juga dibuka layanan bagi peserta yang akan melakukan pembaharuan data. Misalnya penulisan nama yang salah, ada penambahan anak, ada anggota keluarga yang memisahkan diri karena sudah menikah dan sebagainya.

Seperti saat dibuka layanan mobile costumer service di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Hingga siang hari, sudah ada 80 masyarakat yang datang ke lokasi mobile costumer service .

“Hari ini di Kecamatan Sumbang, antusiasme masyarakat juga sangat bagus, sudah ada 80 orang yang datang. Kemarin di Kecamatan Jatilawang, kita yang biasanya membuka pelayanan mobile sampai pukul 14.00 WIB, terpaksa buka sampai pukul 16.00 WIB, karena banyaknya masyarakat yang datang,” terang Anif.

Dalam program mobile costumer service ini, BPJS Kesehatan biasanya bekerja sama dengan pihak Puskesmas setempat. Sebab terkadang ada masyarakat yang datang berobat dan bertanya tentang bagaimana melakukan perubahan data kepesertaan BPJS ataupun ada yang ingin mendaftar menjadi peserta baru.

Salah satu warga Sumbang, Misriyati mengatakan, ia datang ke mobile costumer service BPJS Kesehatan karena mengetahui informasi dari pihak Puskesmas. Darwati bermaksud hendak mendaftarkan anaknya baru lahir, sebab menurut informasi untuk bayi yang lahir tahun 2019 dan 2020 bisa langsung di daftarkan.

“Dari kemarin ingin mendaftarkan anak saya, tetapi kantor BPJS Kesehatan jauh dan kita tidak memiliki kendaraan, jadi saat dilakukan layanan jemput bola sangat membantu kami yang di desa-desa,” tuturnya.

Lihat juga...