Libur Nataru Homestay Damandiri Samiran ‘Full Booked’

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Kampung Homestay Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020, dipenuhi pengunjung. Homestay yang dibangun sebagai upaya pemberdayaan keluarga ini, pada puncak liburan Nataru mampu mendatangkan omzet hingga Rp39 Juta.

Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, selaku pihak pengelola, mencatat selama masa liburan Natal dan tahun baru kemarin, Kampung Homestay Damandiri menghasilkan perputaran uang hingga Rp39 juta. Jumlah itu dicapai selama kurang lebih sepekan, sejak 24 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 atau pada puncak musim liburan.

“Selama masa liburan kemarin, rata-rata 70 persen kamar homestay selalu penuh. Sementara pada puncak masa liburan, yakni mendekati tahun baru, 100 persen kamar homestay full booked. Sejak 24 Desember – 1 Januari, perputaran uang yang masuk ke homestay mencapai Rp39 juta” ujar Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, saat dihubungi Cendana News, Selasa (7/1/2020).

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana –Dok: CDN

Membludaknya pengunjung serta wisatawan di Kampung Homestay Damandiri selama masa liburan, mampu memberikan pemasukan signifikan bagi Koperasi selaku pengelola. Koperasi mendapatkan pembagian hasil sebesar 10 persen dari biaya sewa kamar per homestay. Di Kampung Homestay Damandiri, saat ini ada 23 homestay dengan total jumlah kamar 60 unit.

“Saat ini mayoritas tamu homestay sudah memesan kamar atau booking melalui online travel agent seperti traveloka, dan sebagainya. Meskipun ada juga tamu langganan yang langsung memesan dengan menghubungi kita. Kebanyakan tamu berasal dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung dan Banyuwangi. Karena keterbatasan kamar, kita bahkan sampai nolak-nolak,” katanya.

Sejak 2017, Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari aktif melakukan pemberdayaan di Desa Samiran Boyolali Jawa Tengah. Salah satu program yang dijalankan adalah merenovasi rumah-rumah warga menjadi homestay. Total 23 rumah warga dipugar menjadi homestay.

Selain mampu memberikan tambahan penghasilan bagi warga desa, keberdaan Kampung Homestay Damandiri ini juga diharapkan mampu menarik wisatawan berlibur di kawasan wisata puncak Selo, Boyolali. Sehingga, turut menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi warga desa Samiran, yang sebelumnya hanya bergantung pada sektor pertanian saja.

Lihat juga...