Lima Orang di AS Terjangkit Virus Corona

NEW YORK – Lima orang di Amerika Serikat, yang semuanya baru saja berkunjung ke Wuhan di Cina, terdiagnosa dengan virus corona baru, demikian pejabat federal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada Minggu.

Jumlah itu mencakup pasien baru yang teridentifikasi selama akhir pekan di daerah Los Angeles dan Phoenix, serta kasus yang dilaporkan sebelumnya di Chicago dan Seattle.

Sementara, 25 orang lainnya terbukti negatif, namun sedikitnya 100 kasus baru yang berpotensi sedang diselidiki, menurut direktur Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernapasan Nasional, Nancy Messonnier, saat konferensi via telepon dengan para wartawan.

Ia mengaku, mengantisipasi kasus lain yang dilaporkan di Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang.

Messonnier menggambarkan risiko kesehatan di Amerika Serikat “kecil saat ini”, sejak semua pasien bepergian dari Wuhan. Menurut dia, tidak ada bukti di Amerika Serikat, bahwa penyakit tersebut menyebar ke sesama manusia.

Otoritas kesehatan di seluruh dunia sedang berjuang mencegah sebuah pandemik setelah lebih dari 2.000 orang terinfeksi di Cina, dan 76 orang meninggal setelah tertular virus tersebut.

Virus corona yang baru teridentifikasi tersebut menjadi alarm bagi masyarakat, lantaran masih banyak misteri seputar penyakit tersebut.

Virus corona dapat menyebabkan pneumonia, yang di beberapa kasus dapat berujung kematian. Masih terlalu dini untuk mengetahui betapa bahayanya dan betapa mudahnya virus tersebut mampu menular ke sesama manusia. (Ant)

Lihat juga...