Liverpool di Ambang Rekor Nirbobol

Kiper Liverpool, Alisson Becker, yang turut bertanggung jawab dalam catatan nirbobol timnya sepanjang tujuh pertandingan terakhir di Liga Inggris – Foto Ant

JAKARTA – Liverpool berada di ambang keberhasilan menyamai rekor nirbobol yang dimiliki di Liga Inggris, dengan delapan pertandingan. Keberhasilan tersebut akan diperoleh, jika berhasil menjaga kesucian gawang di laga pekan ke-24, saat menghadapi Wolverhampton di Molineux.

Catatan terbaik The Reds adalah, melewati delapan pertandingan nirbobol yang terjadi pada musim 2005/06. Jumlah yang menempatkan mereka di peringkat ketiga rekor nirbobol Liga Premier, bersama Chelsea (2006/07) dan Arsenal (1997/98).

Kini tim besutan Juergen Klopp sudah melewati tujuh laga, dengan catatan nirbobol di Liga Inggris sejak 7 Desember 2019. Terakhir kali gawang Liverpool kebobolan terjadi dalam Derby Merseyside, tiga hari sebelumnya saat menang 5-2 yang berujung pemecatan Marco Silva dari Everton.

Sementara itu, lawan di laga kedelapan, Wolverhampton, merupakan salah satu dari tujuh lawan yang dicegah mencetak gol ke gawang Liverpool dalam tujuh pertandingan terakhir. Walaupun kala itu, VAR harus ikut campur menganulir gol Pedro Neto untuk Wolves.

Jika di Molineux nanti Liverpool bisa menjaga catatan nirbobol, maka mereka akan menyamai rekor serupa di 2005/06. Di bawah mistar gawang Liverpool terdapat kiper terbaik di dunia saat ini, Alisson Becker, yang juga punya catatan gemilang berupa 28 kali nirbobol dalam 52 pertandingan di Liga Inggris. Dengan catatan tersebut, lebih dari separuh penampilan Becker di kasta tertinggi sepak bola Inggris, ia sukses menghalau bola masuk ke gawangnya.

Catatan itu juga dihiasi sebuah assist, yang ia bukukan saat mengirim umpan untuk gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United saat menang 2-0 akhir pekan lalu.  Rekor nirbobol terbaik di Liga Premier saat ini dimiliki oleh Manchester United, yang melakukannya pada musim 2008/09 dalam 14 pertandingan beruntun. Ketika itu, Setan Merah melenggang membukukan catatan juara triruntun.

Sedangkan rekor nirbobol terbanyak dalam semusim dicatatkan oleh Chelsea di 2004/05. Liverpool saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 64 poin, dan berpeluang kembali memperlebar jarak keunggulan menjadi 16 poin atas Manchester City (51), tentunya jika menang atas Wolverhampton di Molineux. (Ant)

Lihat juga...