Liverpool Mainkan Laga Ulang, Setelah Seri 2-2 dengan Shrewsbury

Pemain Shrewsbury, Town Jason Cummings, merayakan golnya saat timnya menahan seri 2-2 Liverpool, pada babak keempat Piala FA di Montgomery Waters Meadow, Shrewsbury, Inggris, Minggu (26/1/2020) – Foto Ant 

JAKARTA – Shrewsbury Town, secara mengejutkan menahan seri 2-2 Liverpool pada babak keempat Piala FA, Minggu (26/1/2020) waktu setempat. Hasil tersebut memaksa pemimpin klasemen Liga Inggris tersebut menjalani tanding ulang, menentukan tim yang berhak lolos ke 16 besar.

Jurgen Klopp menurunkan tim lapis kedua, dengan memasang trisula baru dan muda yang terdiri dari Harvey Elliot, Divock Origi dan Takumi Minamino. Liverpool sudah memimpin 2-0 pada awal babak kedua.

Tetapi, dua gol menit-menit terakhir dari pemain pengganti, Jason Cummings, membawa klub League One itu menyamakan kedudukan, sekaligus memaksa tanding ulang di Anfield. Liverpool menurunkan tim muda yang paling menjanjikan, yang membuka skor pada seperempat jam pertama, ketika Curtis Jones meneruskan umpan Pedro Chirivella dengan tendangan yang mengecoh kiper Shrewsbury Max O’Leary.

Shrewsbury menciptakan peluang emas, untuk  menyamakan kedudukan ketika Shaun Whalley menerobos pertahanan Liverpool. Namun kiper Adrian melakukan penyelamatan gemilang sehingga timnya tetap memimpin 1-0.

Sekalipun didikte tim tamu yang menguasai 70 persen distribusi bola, Shrewsbury berhasil menghadirkan sejumlah ancaman gol lewat serangan balik.  Bahkan mereka mampu bertahan rapat, sehingga Liverpool terpaksa cuma bisa unggul 1-0 pada babak pertama. Namun klub League One itu kebobolan kembali ketika Donald Love menciptakan gol bunuh diri untuk Liverpool pada tiga menit pertama babak kedua.

Shrewsbury memelihara asa ketika pada menit ke-64, pemain Liverpool Yasser Larouci melakukan pelanggaran di kotak penalti dan Cummings maju mengeksekusinya untuk menaklukkan Adrian sehingga memangkas defisit menjadi 2-1.

Cummings kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-75, setelah melepaskan drive rendah, yang memperdaya Adrian di tiang dekat. Klopp lalu memasukkan Mohamed Salah dengan harapan terhindar dari pertandingan ulang, namun tuan rumah bertahan untuk memaksakan pertandingan kedua di Anfield. (Ant)

Lihat juga...