Madu Asli Bali Digemari Wisatawan Asing

Ilustrasi produk madu – Foto DOK CDN

DENPASAR – Produk madu lebah asli Bali, mulai digemari masyarakat lokal maupun wisatawan asing, yang sedang berlibur di Pulau Dewata. Madu tersebut dihasilkan oleh petani lokal.

“Madu lebah tersebut dihasilkan dari petani lokal. namun dikemas secara higienis oleh produsen dengan brand Bali Arabica,” kata Komang Sukarsana, pemilik brand Bali Arabica tersebut di Denpasar, Sabtu (18/1/2020).

Madu lebah tersebut dihasilkan dari sejumlah petani kopi, yang ada di kawasan Buleleng dan Kintamani, Kabupaten Bangli. “Selama ini kita sudah mengenal manfaat madu asli. Selain bisa dikonsumsi langsung setiap hari untuk kesehatan, madu juga bisa ditambahkan pada makanan dan minuman agar lebih sehat,” ujarnya.

Sukarsana mengatakan, perintisan UMKM tersebut mendapatkan dukungan pembinaan dari Bank Indonesia. Bantuan yang diberikan termasuk untuk upaya pemasaran dan promosi. “Kami dalam mempromosikan pernah diajak pameran oleh BI ke luar negeri, salah satunya ke Inggris. Sehingga dari promosi tersebut banyak juga wisatawan yang berkunjung ke stand warung yang dibuka di Ubud, Kabupaten Gianyar,” ucapnya.

Madu lebah asli produk Bali disebutnya bisa diminum bersamaan dengan sajian kopi. Sehingga para penikmat kopi akan merasakan nikmat tersendiri, dari seduhan kopi dan madu. “Madu lebah asli tersebut bila dicampur dengan sajian minuman kopi rasanya akan nikmat dan merasakan sensasi tersendiri. Begitu juga membantu metabolisme untuk kesehatan tubuh,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...