Mahasiswa ITN Boyong Lima Medali di Kejuaraan Taekwondo

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, kembali berhasil menorehkan prestasi non akdemik dengan memboyong lima medali pada kejuaraan 2nd Instiper Taekwondo Championships 2020 di Yogyakarta.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) taekwondo ITN, Bernika Natasya Ifada, menjelaskan kejuaraan 2nd Instiper Taekwondo Championships 2020 diikuti sebanyak 650 peserta dari berbagai daerah.

“Pada kejuaraan tersebut kami menurunkan enam atlet yang bertarung di kelas kyorugi atau fight dan kelas poomsae atau jurus bela diri,” jelasnya saat ditemui di kampus 1 ITN, Selasa (14/1/2020) seraya bersyukur bisa memboyong lima medali, yaitu 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Satu medali emas berhasil sabet Reva Nabila Putri di kelas kyorugi female under 57. Sedangkan dua medali perak masing-masing diperoleh Bernika Natasya Ifada di kelas poomsae individual putri dan Alvin Ahlunnizar di kelas kyorugi male under 54.

“Kemudian untuk dua medali perunggu masing-masing diperoleh saya sendiri Bernika Natasya Ifada di kelas kyorugi female under 62 dan Pamungkas Hutapea di kelas kyorugi under 74,” sebutnya.

Reva Nabila Putri sebagai satu-satunya atlet ITN yang mendapatkan medali emas mengaku sangat senang dengan hasil maksimal yang diperolehnya diajang 2nd Instiper Taekwondo Championship. Karena meskipun dengan persiapan yang kurang maksimal tapi bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

“Kemarin persiapannya memang mendadak dan latihan efektifnya hanya seminggu sebelum hari H pertandingan. Tapi bersyukur saya bisa memperoleh medali emas, ” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan medali emas tidaklah mudah karena lawan yang dihadapinya di final cukup berat dibandingkan lawan yang berhasil dikalahkannya di babak semi final.

“Pada babak final, pertandingan berlangsung tiga ronde. Beruntung sebelum waktunya habis, poin saya sudah unggul dengan selisih 20 poin sehingga saya dinyatakan menang, ” ungkapnya seraya menyebut, pada babak final, bisa dikatakan dirinya menang poin dari lawan.

Wakil Rektor III ITN, Fourry Handoko, ST,SS,MT,P.hD (tengah) bersama empat orang mahasiswa peraih medali, di kampus 1 ITN, Selasa (14/1/2020). -Foto: Agus Nurchaliq

Lebih lanjut Alvin Ahlunnizar, peraih medali perak di kelas kyorugi male under 54, mengaku hingga saat ini dirinya belum sekalipun merasakan memperoleh medali emas di berbagai kejuaraan yang pernah ia ikuti termasuk di kejuaraan 2nd Instiper Taekwondo Championships 2020.

“Di daerah asal, Lombok, saya pernah mengikuti kejuaraan se-kota Mataram dan menjadi juara 3. Kemudian di ajang UM cup berhasil merebut juara 2 dan sekarang di kejuaraan 2nd Instiper Taekwondo Championships 2020 juga menempati juara dua dengan medali perak, “akunya seraya berharap ke depan bisa memperoleh medali emas diberbagai kejuaraan.

Menurutnya, dalam sebuah pertandingan,  kalah tidak mengapa yang penting mendapatkan pengalaman dan punya bekas cidera. Karena lebih baik kalah dengan ada bekas cidera sebagai bentuk usaha, daripada kalah tanpa berbuat apa-apa.

Sementara itu, Wakil Rektor III ITN, Fourry Handoko, ST, SS, MT, P.hD, mengaku bangga atas prestasi yang berhasil di torehkan mahasiswanya di 2nd Instiper Taekwondo Championships 2020.

“Kami tentunya bangga mahasiswa ITN berhasil meraih beberapa medali mulai dari medali emas, perak dan perunggu. Ini merupakan hasil dari jerih payah latihan mereka,” tuturnya.

Prestasi yang mereka peroleh tentu selaras dengan apa yang diinginkan oleh ITN Malang agar mahasiswanya bisa terus menorehkan prestasi. Menurutnya, dari pihak kampus tentunya terus mendukung dan mendorong agar mahasiswa ITN mau dan berani mengikuti semua perlombaan yang ada.

“Jadi setiap kali kami bertemu dengan mahasiswa,  yang kami dorong adalah agar mereka mau mengikuti lomba dan kita selalu support latihannya seperti apa dan apa yang mereka butuhkan. Termasuk bantuan pendanaan,” sebutnya.

Dia menyebut, nantinya bagi mereka yang berhasil memperoleh medali emas akan mendapatkan apresiasi berupa beasiswa selama dua semester.

Lihat juga...