Mbak Tutut, Sosok Mengagumkan Bagi Kerabat dan Kolega

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Usia dari Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut, saat ini telah 71 tahun. Bagi kerabat terdekat, pribadi putri Sulung Presiden Soeharto tersebut adalah sosok yang ramah, teduh dan mengayomi.

Dan hal tersebut tidak pernah berubah. Dalam kapasitasnya sebagai seorang pemimpin, Mbak Tutut dikenal tegas, selalu memberi arahan yang jelas, dan mampu membangun kebersamaan di dalam organisasi. “Terlihat, beliau kalau bicara itu pasti sudah dipikirkan dulu, ada konsep, sistematis, tidak asal bunyi. Jadi walaupun beliau lebih muda dari saya, tapi saya bisa hormat sama beliau,” ujar Ketua Yayasan Dharmais, Indra Kartasasmita, kepada Cendananews.com pada acara makan malam bersama peringatan ulang tahun Mbak Tutut, Kamis (23/1/2020) malam di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Indra mendoakan, diusianya saat ini,  Mbak Tutut mendapatkan keberkahan dan ketenangan. Serta kedamaian senantiasa mengalir pada dirinya. ” Di samping itu, saya dan keluarga sangat berharap, beliau diberi umur panjang, kesehatan agar tetap bisa berjuang membangun bangsa,” harapnya.

Muhammad Yarman, Sekretaris Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) Ibu Tien Soeharto turut hadir pada acara peringatan 71 tahun Mbak Tutut Soeharto, Kamis (23/1/2020) malam – Foto Amar Faizal Haidar

Di lokasi yang sama, Muhammad Yarman, Sekretaris Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) Ibu Tien Soeharto, juga menangkap kesan yang sama. Ia mengagumi sosok Mbak Tutut karena jiwa sosialnya yang tinggi. “Beliau secara konsisten, sejak dulu selalu bergelut pada aktivitas sosial kemasyarakatan. Beliau memang saya kenal sangat mencintai aktivitas ini,” ungkap Yarman.

Kepada para kerabat, Mbak Tutut diakui selalu mampu memberi kehangatan. Dia tidak pernah membeda-bedakan sahabatnya, semua diperlakukan sema dengan penuh perhatian. “Saya bersama beliau sejak 86. Kita menjalankan Yayasan Gotong Royong bersama-sama. Jadi saya kenal betul dengan beliau. Saya berharap beliau senantiasa dilimpahkan kesehatan dan keberkahan agar perjuangan kita membantu memajukan bangsa dan negara terus berlanjut,” pungkas Yarman.

Pada perayaan ulang tahun Mbak Tutut, tampak hadiri hampir seluruh keluarga, seperti adik-adiknya, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto dan Siti Hutami Endang Adiningsih atau Mamiek Soeharto.

Lihat juga...