Mengenal Kasturi si Primadona Imlek di Mekarsari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Perayaan Imlek selalu identik dengan warna kuning dan merah, sehingga Taman Buah Mekarsari selalu menghadirkan varian jeruk, yang salah satunya adalah Jeruk Kasturi.

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyebutkan, untuk tahun 2020, Taman Buah Mekarsari mengusung tema Imlekasturi.

“Jeruk Kasturi ini merupakan salah satu buah yang menjadi bagian dari perayaan Imlek, karena warnanya yang kuning. Warna kuning ini dipercaya sebagai upaya menarik keberuntungan, jika diberikan atau disediakan di rumah. Kasturi juga melambangkan perdamaian dan lambang kekayaan,” kata Firman saat ditemui di Area Imlekasturi di Taman Buah Mekarsari, Kamis (30/1/2020).

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Taman Buah Mekarsari, Junaedi, menyebutkan warna kuning jeruk Kasturi bisa didapatkan secara maksimal jika berada pada dataran tinggi.

Jeruk Kasturi yang dibudidayakan di Taman Buah Mekarsari, Kamis (30/1/2020) – Foto: Ranny Supusepa

Image Imlek itu kan kuning, jadi Kasturi inilah yang sering dijadikan suvenir. Tapi kalau di Mekarsari, kuningnya tidak akan maksimal. Karena Mekarsari termasuk dalam dataran yang tidak terlalu tinggi,” kata Jun menjelaskan.

Jun menjelaskan jeruk yang bernama latin Citrus microcarpa ini masuk dalam keluarga Rutaceae.

“Selain warnanya yang memang warna Imlek, jeruk Kasturi ini memiliki masa panen yang cepat, yaitu sekitar enam bulan. Dan mudah untuk mengembangbiakkannya,” urainya.

Rasa jeruk Kasturi, menurut Jun, adalah manis segar. Kalau di Indonesia, sering dijadikan campuran minuman atau dijadikan minuman tersendiri.

“Ukuran buahnya tidak terlalu besar dan dalam satu pohon bisa menghasilkan banyak buah. Daunnya berwarna hijau gelap dan berbentuk oval yang berukuran 4-7 cm. Batangnya biasanya memiliki duri kecil,” ucapnya.

Walaupun mampu bertumbuh hingga 7 meter tapi di Taman Buah Mekarsari, biasanya disiapkan dalam bentuk tanaman pendek, yang ditempatkan dalam pot kecil atau kantong plastik.

“Di Mekarsari memang disediakan jeruk Kasturi untuk dijual. Dan memang, banyak yang berminat karena penanamannya tidak susah. Selain itu, jeruk ini memang banyak manfaatnya,” pungkasnya.

Lihat juga...