Menggadapi Astrup/Rasmussen, Pasangan Fajar/Rian Butuh Solusi

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Ganda putra Indonesia rangking kelima dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengaku akan mencari cara untuk mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen asal Denmark.

Kedua pasangan pebulutangkis tersebut akan bertemu pada Jumat (17/1/2020), di perempat final Indonesia Masters 2020. Dari dua pertemuan sebelumnya, yaitu di turnamen Bitburger Badminton Open 2017 dan Malaysia Open 2018, Fajar/Rian belum pernah mampu mengalahkan Astrup/Rasmussen.

“Kami pernah kalah dua kali dari mereka. Tapi kami tidak mau memikirkan kekalahan itu. Sekarang yang penting kami harus mencari cara, bagaimana supaya bisa mengalahkan mereka besok,” kata Fajar, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Menurut dia, pasangan Denmark itu cukup sulit untuk dikalahkan, karena selalu bermain aman dan jarang melakukan kesalahan. Dengan begitu, Fajar/Rian harus tampil sabar, sambil terus menepis semua serangan. Sebelum pertandingan tersebut dimulai, Fajar/Rian memilih untuk berdiskusi dengan kepala pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi. Hal itu untuk mendapatkan solusi, untuk mengalahkan Astrup/Rasmussen.

“Sebelum tanding, kami akan menonton lagi video-video mereka. Kemudian kami akan mencari kelebihan dan kekurangannya. Setelah itu, kami mau diskusi juga sama pelatih supaya ketemu solusi atau pola yang tepat,” tutur Fajar.

Untuk saat ini Fajar/Rian harus memulihkan kondisi fisik, karena baru saja melewati pertarungan sengit mengalahkan pasangan Cina, Ou Xuan Yi/Zhang Nan dengan skor 21-10, 12-21, 21-19 di babak kedua Indonesia Masters 2020, Kamis (16/1/2020). “Untuk sekarang, pertama-tama kami harus memulihkan kondisi fisik dulu, karena tadi lawannya berat. Kami harus jaga fokus, jaga pola makan yang benar dan istirahat yang cukup supaya besok kami fit kembali,” imbuh Rian.

Selain Fajar/Rian, Indonesia juga sudah meloloskan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ke perempat final turnamen bulu tangkis level Super 500 tersebut. (Ant)

Lihat juga...