MUI Desak Pemerintah Evakuasi Warga Indonesia di Wuhan

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri, Muhyiddin Jubaidi saat ditemui di kantor MUI Pusat, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Foto: Sri Sugiarti

JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak pemerintah Indonesia segera mengevakuasi warganya dari Wuhan, China setelah wabah virus Corona terus menyebar.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri, Muhyiddin Jubaidi mengatakan, negara-negara lain telah mengambil sikap mengevakuasi warganya yang ada di Wuhan, China. Seperti negara Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Australia, Korea Selatan, India, Inggris, Itali dan lainny.

Pemerintah Indonesia diminta juga bersikap tegas mengambil langkah seperti negara-negara tersebut, mengevakuasi WNI yang ada di China, khususnya yang tinggal di Hubei, Ibukota Wuhan.

“MUI mendesak kepada pemerintah agar memulangkan warga negara Indonesia dari Wuhan, karena kita khawatir mereka nanti terjangkit virus Corona,” kata Muhyiddin kepada Cendana News, Kamis (30/1/2020).

Dalam pandangan agama, menurutnya, memang benar harus banyak berdoa agar tidak terjangkit virus itu. Namun kalau ada di suatu tempat melanda, maka tetap harus mengambil langkah untuk keselamatan jiwa. Juga tidak berkunjung ke negara tersebut.

“Imbauan MUI kepada pemerintah sudah disampaikan. Alhamdulillah pemerintah sudah ambil langkah yang sifatnya melarang warga Indonesia ke China. Langkah selanjutnya kami berharap pemerintah segera evakuasi warga Indonesia,” ujarnya.

Jika kemudian dalam perkembangan ini, ada masyarakat asing yang berada di China, dan berkunjung ke Indonesia. MUI meminta petugas kesehatan bandara agar melakukan pemeriksaan detail.

Terpenting lagi, kata Muhyiddin, pemerintah harus tegas untuk menghentikan kunjungan wisatawan China ke Indonesia.

“Kalau memang sudah jelas orang China membawa virus, ya sudah hentikan saja daripada nanti akan menyebar luas, mengganggu kesehatan jutaan orang Indonesia,” tukasnya.

Menurutnya, negara-negara lain saja sudah melakukan pelarangan wisatawan China berkunjung ke negaranya. Seperti Malaysia dan Thailand, sampai ditemukan obat anti virus corona tersebut.

Lihat juga...