Nikmatnya Soto Sapi Khas Solo Ditemukan di Denpasar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

DENPASAR – Selain bakso Solo, soto sapi juga menjadi kuliner khas yang bisa ditemukan di Bali. Karena sudah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia tidak sulit untuk menemukan kuliner berkuah ini. 

Soto sapi khas Solo ini memang memiliki citarasa yang berbeda dengan soto sapi khas daerah lain. Biasanya soto sapi khas Solo berisi tauge, daging sapi yang dibaluri dengan daun seledri, bawang goreng, dengan tambahan kucuran jeruk nipis serta sambal.

Soto sapi khas Solo sendiri merupakan salah satu jenis soto bening tanpa campuran santan atau susu. Jadi cocok untuk Anda yang menghindari masalah karena kolesterol.

Untuk kuah, soto sapi tidak disajikan terpisah melainkan dicampur langsung dengan kuah yang terbuat dari campuran tumisan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, merica, dan ketumbar) dengan tambahan serai, lengkuas, jahe, daun salam, dan daun jeruk.

Rania, salah seorang penjual soto sapi khas Solo di Denpasar mengatakan, dirinya setiap hari berjualan soto sapi kepada masyarakat Denpasar. Disampaikan, puluhan bahkan hingga ratusan mangkok bisa habis setiap harinya ia jual.

Rania, salah seorang penjual soto sapi khas Solo di Denpasar saat ditemui di warungnya Sabtu, (4/1/2020) sore. – Foto: Sultan Anshori.

“Kalau pas ramai bisa ratusan porsi Mas. Apalagi kalau pas musim hujan seperti ini biasanya masyarakat cari makanan yang anget macam ini soto sapi,” jelasnya saat ditemui di Denpasar, Sabtu (4/1/2020) sore.

Ditambahkan, untuk harga jual soto sapi setiap porsinya dijual dengan harga Rp.10000. dengan harga segitu, sudah komplit dengan nasi. Meskipun daging sapi yang disajikan tidak sebanyak soto sapi yang dijual di daerah asalnya Solo, namun kuliner ini tetap saja diminati oleh masyarakat.

“Kalau di Solo potongan daging sapinya besar-besar Mas. Kalau di sini kami menyesuaikan saja,” jelasnya lagi.

Soto sapi lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Hal ini tentunya menambah rasa kuah soto sapi lebih terasa dengan bumbu lengkap khas Jawa pada umumnya.

Bintang, salah seorang warga setempat mengaku suka dengan kuliner ini. Meski di Bali ada soto sapi, namun soto sapi khas Solo Jawa tengah ini lebih memiliki rasa yang nikmat.

“Maklum Mas mungkin karena saya orang Jawa kali ya,” tegas pria asal Malang ini.

Lihat juga...