Ombak Tinggi tak Surutkan Wisatawan Kunjungi Pantai Teluk Penyu

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Peringatan terkait potensi ombak tinggi dan larangan untuk mandi di laut, tidak menyurutkan wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan di kawasan pantai. Ini seperti yang terlihat di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah. Hanya saja, wisatawan yang biasanya berjubel naik perahu ke Pulau Nusakambangan, pada Minggu (5/1/2020), lebih banyak memilih untuk naik kuda keliling pantai.

“Air lautnya pasang, biasanya tidak sampai mendekati lokasi tempat para pengunjung duduk-duduk di tepi pantai dengan menggelar tikar. Tetapi masih aman untuk berwisata, jadi kita sekeluarga tetap ke sini, hanya saja anak-anak tidak boleh naik perahu, sebagai gantinya naik kuda,” tutur salah satu pengunjung Pantai Teluk Penyu Cilacap, Toni.

Untuk naik kuda berkeliling pantai, pengunjung hanya perlu membayar Rp30.000 per orang. Dan, pemilik kuda akan menuntun kuda tersebut berkeliling, sehingga aman bagi anak-anak.

Salah satu pengunjung Pantai Teluk Penyu Cilacap, Toni, Minggu (5/1/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Kawasan Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu wisata pantai yang paling banyak dikunjungi di Cilacap. Selain letaknya dekat dengan kota, pantai ini juga menyuguhkan berbagai macam kuliner seafood yang siap menggoyang lidah pengunjung. Mulai dari aneka masakan cumi, kerang, udang dan lain-lain.

Pengunjung bisa menikmati hidangan tersebut sambil duduk-duduk di tepi pantai. Pemilik warung makan biasanya menyediakan tempat duduk berupa tikar yang digelar lengkap dengan meja dan payung peneduh.

Cuaca pagi hari di pantai yang sedikit mendung, tidak menyurutkan wisatawan yang datang untuk melakukan berbagai aktivitas. Banyak pengunjung yang tetap mandi di laut, meski tidak sampai ke tengah. Beberapa pemilik perahu juga tetap menawarkan untuk naik perahu dengan rute yang lebih dekat, tidak sampai ke Pulang Nusakambangan.

“Kalau berkeliling di sekitar pantai saja masih aman, ombak tinggi hanya di tengah laut,” kata salah satu pemilik perahu, Sukoco, saat menawarkan kepada pengunjung untuk naik perahu.

Kawasan pantai masih menjadi alternatif pilihan favorit untuk menghabiskan liburan. Peristiwa pelajar yang terseret ombak di Kebumen, tidak menyurutkan wisatawan untuk tetap berkunjung ke pantai.

“Asal tidak terlalu jauh ke tengah, untuk mandi di laut masih aman, soalnya kalau ke laut tidak berbasah-basah, rasanya kurang puas,” kata pengunjung lainnya, Widi.

Lihat juga...