Pakansari Stadion Utama Piala Dunia U-20, Bogor Berburu Lapangan Latihan

CIBINONG – Pemkab Bogor masih mencari lahan ataupun lapangan, untuk latihan para atlet Piala Dunia U-20. Hal itu dilakukan, setelah FIFA resmi menetapkan Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat, sebagai salah satu stadion utamanya.

“Satu lagi kita lagi cari nih. Mudah mudahan dapat, yang penting ada lima lapangan terdekat,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin, di Bogor, Senin (27/1/2020).

Bupati Bogor, Ade Yasin, usai melantik PNS lingkungan Pemkab Bogor di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Senin (27/1/2020) – Foto Ant

Empat lapangan yang sudah siap ditunjuk sebagai tempat latihan adalah, lapangan luar Stadion Pakansari, Stadion Mini Persikabo, Stadion Pajajaran Kota Bogor, dan lapangan bola di salah satu sekolah yang berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor. “Semua sudah siap pakai, hanya yang mini sedang masa perbaikan. Kalau ada kita tak usah bikin, kalau gak ada terpaksa harus bikin (lapangan),” katanya.

Seperti diketahui, dengan ditetapkannya enam stadion utama sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung. Sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan, karena setiap satu stadion utama harus didukung dengan lima lapangan latihan di sekitarnya.

Ade Yasin menyebut, tahun ini Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp300,647 miliar, untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar Tol Sentul, hingga sekitaran Stadion Pakansari. “Anggarannya (tersebar) di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya sendiri dan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion,” jelasnya.

Sebelumnya, FIFA dan Kemenpora telah memastikan enam stadion utama yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang berlangsung pada tanggal 24 Mei-12 Juni. “Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto. (Ant)

Lihat juga...